Naik Motor Tetap Harus Pakai Masker, Ini Caranya Yang Benar

Publikasi: 10 hari 22 jam 1 menit yang lalu

Di masa pandemi saat ini, Anda harus selalu memakai masker ketika mengendarai motor. Sebenarnya jika corona sudah mereda pun, masker sebaiknya tetap harus digunakan waktu naik motor. Soalnya kalau Covid-19 juga nantinya sudah tidak ada, debu yang ada di jalanan sepertinya belum bakal hilang, ya!

Saat ini, Anda bisa dengan mudah menjumpai masker dengan berbagai bahan dan model. Namun, agar dapat memberikan perlindungan optimal, masker pun harus dipakai dengan benar. Sayangnya selama ini, belum semua pengendara motor dan penumpangnya mengenakan masker dengan cara yang tepat.

Cara memakai masker dengan benar

Yang harus dipahami sebelum memakai masker untuk naik motor adalah bahannya, posisi pemakaian, dan fungsi masker itu sendiri. Berikut ini penjelasan lengkapnya untuk Anda.

1. Pilihlah bahan dan model yang nyaman

Sebelum membeli masker dalam jumlah banyak sekaligus, cobalah beli masing-masing satu untuk setiap bahan. Cobalah masing-masing dan rasakan yang paling nyaman untuk Anda. Jangan lupa juga untuk mencobanya sambil naik motor. Soalnya, ada bahan yang malah membuat pengap ketika dipakai.

Selain itu, pilihlah model yang dapat menutupi mulut dan hidung bagian bawah dengan baik. Pastikan tidak ada sisi yang longgar, dan talinya tidak membuat bagian belakang telinga menjadi sakit.

Untuk mempermudah pemakaian, sebaiknya cari masker dengan perbedaan warna kedua sisinya. Jadi, Anda bisa mengetahui dengan mudah sisi luar maupun dalamnya.

2. Gunakan dengan posisi yang benar

Baik itu masker dengan tali model earloop maupun headloop, pastikan untuk memakainya dengan benar. Jangan menurunkan posisinya hingga ke dagu. Kalau diturunkan ke dagu, tentu saja bagian mulut dan hidung Anda tidak terlindungi oleh masker.

Tips merawat masker kain

Anda mungkin belakangan ini kerap memakai masker secara double, yaitu masker medis di lapis pertama, dan ditambah dengan masker kain pada lapisan luar. Untuk masker medis, memang Anda harus langsung membuangnya sesudah pemakaian. Namun bagi masker kain, sebaiknya Anda mencucinya setelah penggunaan waktu naik motor.

Berikut ini tips mudah untuk mencuci masker kain.

  • Simpan masker kotor dalam kantong plastik tertutup jika Anda tidak akan langsung mencucinya setelah selesai memakainya.
  • Cuci dengan rutin setiap hari.
  • Baik dengan mesin cuci atau secara manual menggunakan tangan, cuci masker kain menggunakan detergen dan air mengalir.
  • Keringkan masker di bawah sinar matahari langsung.

Setelah ini, gunakan dan bersihkan masker Anda secara teratur, ya!

Referensi

https://www.astramotor.co.id/cara-memakai-masker-yang-tepat-untuk-berkendara/

https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/01/103200723/5-cara-mencuci-masker-kain-dengan-benar-tak-perlu-pakai-air-panas?page=all

Label : Cari Aman Safety Riding Wahanahonda Masker Cara Memakai Masker

Comment

User Comment

Your comment

Load More