Napak Tilas Pejuang Kemerdekaan Dengan Touring Sepeda Motor

Publikasi: 1 tahun 4 bulan 27 hari 13 jam 24 menit yang lalu

Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada bulan agustus memang sudah di depan mata. Sebagai seorang warga Indonesia yang baik tentunya kita juga patut merayakan kemerdekaan Indonesia juga kan Bro? Kemerdekaan dan ulang tahun Indonesia ini bisa dirayakan dengan berbagai cara kok bro. Salah satu caranya adalah dengan touring napak tilas pejuang kemerdekaan.

Jadi apasih yang dimaksud dengan napak tilas? Napak tilas adalah kegiatan jalan kaki yang dilakukan untuk mengenang berbagai kejadian di masa lalu yang sangat mempengaruhi kehidupan masa kini. Mungkin kamu berpikir kan bro, apakah harus jalan kaki? Ya, baiknya sih jalan kaki, tapi sebagai pecinta sepeda motor dan juga pengendara sepeda motor yang gemar melakukan touring, kalian bisa melakukannya dengan menggunakan sepeda motor.

Berarti bukan napak tilas dong? Ya, intinya kita ingin merayakan kemerdekaan RI dengan cara yang berbeda, yaitu touring melewati rute yang dilalui para pahlawan pejuang kemerdekaan. Nah, jadi mana saja rute yang bisa dilalui nih bro? Oke, kita akan share ya rute touring yang bisa kalian pilih.

Rengasdenglok Ke Jakarta

Seperti yang sudah kalian ketahui di dalam sejarah Indonesia, bahwa sebelum Bung Karno membacakan naskah proklamasi Beliau diculik dan dibawa ke tempat yang bernama Rengasdengklok yang berada di daerah Karawang, Jawa Barat. Dengan mengambil rute ini, kita bisa mengetahui seberapa jauh para pemuda Indonesia dan Bung Karno berjalan dari Jakarta ke Rengasdengklok bukan? Tapi jika menggunakan sepeda motor sekarang ini tidak terlalu jauh. Silakan dicoba ya bro, kalian juga bisa mengunjungi monument atau rumah persinggahan Bung Karno yang ada di Rengasdengklok sebagai tempat wisata alternatif.

Rute Perang Gerilya Jendral Besar Sudirman

Jendral Sudirman merupakan salah satu jendral besar yang sangat besar jasanya untuk bangsa Indonesia. Kegigihannya melawan penjajah harus diakui dan diberikan apresiasi yang sangat besar. Jendral Sudirman yang dalam keadaan sakit masih berani melawan penjajah dengan sangat gigih merupakan sebuah pejuang kemerdekaan yang sangat layak untuk dijadikan pahlawan sepanjang masa.

Salah satu strategi paling terkenal dari Jendral Sudirman adalah perang gerilya. Perang gerilya Sang Jendral besar memiliki rute yang membentang dari daerah Yogyakarta sampai ke arah Jawa Timur lebih tepatnya adalah melewati jalan di jalur selatan.

Jika kamu ingin melalui jalur – jalur yang ada disini sebaiknya cek dulu kesehatan dan kondisi sepeda motor yang kamu bawa karena trek dan juga jalan disini memiliki kontur pegunungan yang mengharuskan melewati jalan turunan dan juga tanjakan yang cukup banyak. Belum lagi jalan sempit dan juga minim penerangan di malam hari menjadi salah satu penghambat perjalanan, bagaimana tertarik untuk melewati jalur ini?

Jalur yang dilalui oleh Jendral Sudirman sendiri tersebar mulai dari daerah Parangtritis, Wonogiri, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, dan sekitarnya. Jendral Sudirman melakukan perang gerilya ini pada sekitar Desember 1948 hingga bulan Juli 1949, yang berarti hampir setahun. 

Mungkin jika menggunakan sepeda motor membutuhkan waktu 2 hingga 3 hari perjalanan jika mengunjungi setiap petilasan dari Jendral Sudirman. Selain itu di daerah jalan pantai selatan jawa ini juga terdapat berbagai macam tempat wisata dengan keindahan alam yang bisa kamu kunjungi. Berbagai pantai indah bisa dijadikan tempat untuk beristirahat sejenak dalam perjalanan yang kamu lakukan. Jadi jangan sampai melewatkan momen kemerdekaan Indonesia ini dengan melakukan kegiatan asik ini.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Wms Honda Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More