Nyalakan Lampu Terus Menerus Dapat Membuat Aki Tekor? Simak Penjelasannya Berikut!

Publikasi: 3 tahun 10 bulan 10 hari 2 jam 32 menit yang lalu

Beberapa tahun lalu muncul pro dan kontra terkait dengan peraturan yang digulirkan pemerintah yaitu kendaraan roda dua atau sepeda motor harus menyalakan lampu depan baik di waktu siang ataupun malam. Pasalnya banyak orang yang mempercayai bahwa dengan menyalakan lampu secara terus menerus maka dapat membuat aki tekor.

Namun benarkah dengan menyalakan lampu dari pagi sampai malam dan berlanjut ke keesokan harinya dapat membuat aki cepet aus? Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

Lampu tidak memiliki kaitan dengan cepat tekor atau tidaknya aki motor

Aki sendiri pada kendaraan bermotor termasuk sepeda motor berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan arus satu arah di mana untuk mengisi arus tersebut dapat diperoleh dari generator atau spull. Di dalam aki sendiri terdapat sistem berpola charge dan recharge atau mengisi dan melepaskan. 

Aki akan langsung bekerja secara otomatis ketika mesin motor dan lampu dihidupkan. Dalam keadaan seperti itu, aki akan terus menerus menyuplai arus listrik ke komponen lain termasuk lampu dan arusnya sendiri juga terus diisi oleh generator agar tetap seimbang. Adapun ketika menghidupkan motor dan kemudian lampu menjadi putus, hal tersebut dikarenakan terdapatnya pengaksesan idle atau rpm yang cukup tinggi secara mendadak. 

Jadi dapat dikatakan, walaupun ada kaitannya antara lampu dengan aki, pemahaman dan persepsi bahwa menyalakan lampu secara terus menerus tersebut dapat membuat aki soak adalah tidak benar karena selama arus pada kumparan terus terisi dengan penuh dan seimbang, maka lampu dinyalakan sesering mungkin pun tidak menjadi satu masalah. 

Ditambah lagi, sekarang ini kebanyakan motor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan Auto Headlight On (AHO) yang dapat membuat lampu dapat langsung menyala ketika kunci diarahkan ke posisi On.

Penyebab aki motor mudah tekor

Untuk permasalahan aki cepat tekor atau aus sendiri bukanlah disebabkan oleh sering dinyalakannya lampu siang sampai malam setiap hari, melainkan karena beberapa hal. Penyebab pertama adalah dikarenakan penggunaan alarm pada motor yang membuat daya aki tersedot cukup besar. 

Kedua adalah modifikasi motor yang berlebihan, seperti menambahkan lampu-lampu aksesori dan sejenisnya yang mana membutuhkan daya besar dan secara langsung mengurangi daya aki. Ketiga adalah dikarenakan ada permasalahan pada kiprok yang menjadi ‘nyawa’ dari aki itu sendiri. Kemudian penyebab lainnya adalah terjadinya korsleting pada motor dan yang terakhir adalah dikarenakan motor tidak digunakan dalam jangka waktu lama, namun kabel konektor menuju aki tidak dilepas sehingga listrik terus mengalir dan bekerja.

Nah, sudah tahu, kan, apa penyebab aki cepat tekor atau aus? Bukan dikarenakan lampu menyala terus menerus tentunya. Dan disarankan untuk tetap menyalakan lampu di siang atau malam hari karena selain mematuhi peraturan lalu lintas, untuk motor-motor berjenis injeksi, justru dengan tidak menyalakan lampu, aki akan terkena imbasnya.

Cari Aman Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Wahanahonda

Berita Terkait