Oli Palsu Bikin Motor Rusak & Dompet Jebol

Publikasi: 10 bulan 2 hari 3 jam 41 menit yang lalu

Bukan berita hoax! Oli palsu banyak dijual  secara online  dari Kota Tangerang dengan harga lebih murah 50 persen ketimbang harga oli resmi. Berita ini  sempat viral di pertengahan bulan April 2023 

Kabarnya, produksi oli palsu  sudah dihentikan pihak Kementerian Perdagangan. Namun banyak pelumas  yang sudah terlanjur terjual dan  jelas ini bisa membahayakan pengguna sepeda motor sebagai konsumen. 

Pelumas motor palsu jika terlanjur digunakan  bisa menimbulkan korosif pada kendaraan. Korosif adalah sifat suatu subtantsi yang dapat menyebabkan benda lain hancur atau memperoleh dampak negatif yang merusak. Dan kerusakan tersebut biasanya terjadi dengan cepat dan sulit diminimalisasi.

Bagi pengguna  yang telanjur memakai pelumas palsu, langkah  cerdas  satu-satunya penanganan yang bisa dilakukan adalah  melakukan turun mesin atau  overhaul.

Mesin yang sudah terkena oli palsu biasanya dipastikan  akan tersumbat, karena  bentukan oli akan berubah menggumpal di dalam. Efek berantai negatifnya adalah akan membuat semua komponen  yang bergerak di dalam mesin jadi nyangkut, bahkan aus.

Setelah mesin diturunkan, langkah selanjutya adalah menguras mesin motor dengan pelumas khusus. Karena ada kemungkinan komponen-komponen bagian dalam mesin masih bisa diselamatkan setelah menguras mesin. 

Tetapi, biasanya berdasarkan pengalaman, motor kalau telanjur kena oli palsu pasti akan mengalami kerusakaan fatal pada komponen yang vital. Antara lain,  bearing  jadi aus, piston berubah lecet, dan seal rusak.  

Lebih parah lagi, biaya penanganan motor yang terkena oli palsu  dijamin tidak  pernah sedikit. Dan,  minimal bisa menyedot isi dompet sekitar Rp 2 jutaan, tergantung dari jenis motor. Biasanya biaya untuk motor kopling jauh lebih mahal daripada motor matik.

Yang lebih buruk lagi  adalah, meski servis sudah dilakukan, tidak ada jaminan  seratus persen, performa motor  akan kembali prima. Jadi, sudah tahu keburukan dari oli palsu, kan? Sebaiknya, selalu gunakan oli asli. Jika harganya lebih mahal sedikit  sangat wajar. Karena oli asli tidak beresiko  merusakan motor. Dan tidak bikin  kantong jebol lebih dalam.

Karena itu lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin  di bengkel AHASS terdekat, dan tentu dengan pilihan oli asli  agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS  untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Cari Aman Tips Motor Honda #hondacare Oli Motor Oli Palsu

Berita Terkait