Penting Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Membeli Motor Bekas

Publikasi: 1 tahun 3 bulan 24 hari 3 menit yang lalu

Membeli motor Bekas merupakan sebuah hal yang biasa dilakukan orang pada umumnya. Bahkan beberapa orang lebih senang membeli motor bekas dibandingkan dengan membeli motor baru. Kelebihan dari motor bekas adalah  harga yang ditawarkan lebih terjangkau sehingga banyak dilirik. 

Terkadang kita bisa mendapatkan motor bekas dengan kondisi yang bagus, bahkan terlihat seperti motor baru, namun juga beberapa orang mendapatkan kondisi sepeda motor bekas yang bagus dari tampilannya saja tapi ternyata kondisi mesinnya memprihatinkan.

Jika kamu sedang mencari motor bekas dan ingin mendapatkan motor bekas dengan kondisi yang bagus, patut memperhatikan beberapa hal berikut ini sehingga motor bekas yang anda dapatkan memuaskan.

1. Periksa Kondisi Mesin Sebelum Membeli Motor Bekas 

Hal yang paling penting dan utama nih! Jangan sampai kamu salah pilih motor yang akan jadi tunggangan kamu nantinya. Kondisi mesin merupakan hal utama yang harus kamu cek terlebih dahulu sebelum membeli motor bekas. Jika motor terawat tentunya kamu akan lebih nyaman mengendarai motor dan dengan mesin yang terawatt motor bekas kamu akan lebih awet nantinya.

Cara ngecek gimana nih Bro? Tenang, kita akan kasih tahu kamu cara paling gampang ngecek kondisi mesin yang terawat. Pertama tanyakan ke penjual apakah motor bekas yang dijual ini di servis secara teratur. Jika memang di servis secara teratur, silakan coba nyalakan motor yang akan kamu beli, kira – kira seperti apa suara mesinnya, masih halus? Atau tidak? Setelah itu coba kendarai keliling komplek yang ada di sekitar.

Hal ini berguna untuk mengecek kondisi sepeda motor bekas, karena dengan mencoba mengendarai sepeda motor bekas kita akan mengetahui kondisi mesinnya secara lebih detail. Setelah mengecek kondisi mesin, barulah kamu melangkah ke tahap selanjutnya.

2. Jangan Sampai Ketinggalan, Kelengkapan Surat Juga Harus Lengkap 

Yang tak kalah penting saat memilih sepeda motor bekas adalah surat – surat kendaraan. Penjual motor bekas yang baik tentunya memiliki surat – surat yang lengkap pada motor yang akan dijualnya, nih, Bro. Surat – surat kendaraan adalah surat penting yang harus dimiliki setiap kendaraan bermotor. Silakan dicek apakah ada STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), BPKB, dan jika ada surat – surat lainnya yang mendukung seperti buku servis kalau ada.

Tanpa surat – surat lengkap sebuah motor bisa dianggap sebagai motor bodong, yang menurut peraturan bisa jadi salah satu pelanggaran kriminal, bisa berbahaya, niat mau beli motor bekas malah berurusan dengan polisi, kan? Jadi perhatikan benar apakah surat – surat tersebut ada dan lengkap.

3. Cek Juga Kelengkapan Fungsional Kendaraan 

Tidak kalah penting nih bro fungsional kendaraan lainnya. Mengecek fungsi – fungsi panel seperti electric starter, lampu depan dan belakang, lampu sein (tanda untuk belok), dan kelengkapan kendaraan lain layaknya spion, serta kelengkapan standar pabrik lainnya. Pastikan kelengkapan yang ada di sepeda motor lengkap dan juga masih berjalan dengan baik.

Jika kelengkapan tersebut masih lengkap dan juga masih berfungsi dengan baik, barulah kamu boleh membawa pulang motor bekas yang ingin kamu beli, jika belum lengkap mending berpikir dua kali lagi, karena kamu mesti keluar lagi budget untuk memperbaiki dan juga melengkapi kelengkapan standar dari motor bekas itu. Kelengkapan standar merupakan faktor penting yang bisa mendukung keselamatan berkendara, jadi jangan sampai ada yang kurang ya?

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More