Pentingkah Riding Gear Untuk Berkendara Motor

Publikasi: 3 bulan 9 hari 13 jam 9 menit yang lalu

Riding gear atau perlengkapan berkendara sering dianggap berlebihan untuk naik motor. Padahal sesungguhnya, yang dibilang lebay inilah yang akan membuat Anda senantiasa aman ketika berkendara motor. Apalagi bila Anda berkendara dengan motor di jalan raya.

Apa saja yang termasuk dalam kategori riding gear? Sebut saja jaket, sarung tangan, helm, celana panjang, dan sepatu. Sebenarnya, tidak susah kan, menyediakan perlengkapan berkendara ini buat diri sendiri dan gebetan Anda?

Peran Riding Gear Saat Naik Motor

Riding gear tersebut harus dipakai bersamaan, tidak boleh hanya salah satu atau beberapa di antaranya, meski Anda hanya berkendara di dekat tempat tinggal. Sebab, tidak ada yang bisa meramal potensi kecelakaan, bukan? Bukan ingin menakut-nakuti, tapi memang ga ada ruginya kok bagi kamu dan gebetan buat pakai riding gear.

Soalnya, riding gear ini bisa melindungi tubuh dalam keadaan darurat. Misalnya ketika terjatuh dari motor maupun terlibat kecelakaan lainnya. Secara lebih jelas, ini dia fungsi dari masing-masing riding gear, sebagai pengingat bagi Anda.

  • Helm: melindungi kepala
  • Jaket: melindungi tubuh bagian atas dari benturan maupun gesekan
  • Sarung tangan: melindungi telapak tangan
  • Celana panjang: melindungi kaki dari gesekan atau benturan
  • Sepatu: melindungi mata kaki dan telapak kaki

Riding Gear dan Pandemi Covid-19

Meski sudah memiliki riding gear lengkap sekalipun, sebaiknya Anda menunda keinginan membonceng gebetan di masa pandemi. Sebab, meski vaksin telah tersedia dan Sebagian kelompok masyarakat sudah menerimanya, physical distancing tetap harus dipatuhi.

Ketika memakai helm, pastikan untuk menutup visornya. Jangan lupa juga untuk menambahkan masker ke dalam daftar riding gear Anda. 

Sesampainya di rumah, cuci jaket dan semprot semua riding gear lain dengan disinfektan. Selain riding gear, bagian-bagian motor juga harus didisinfeksi, seperti stang, ban, bodi, dan jok. Apabila Anda harus tetap berkendara dengan motor setiap hari di masa pandemi ini, jangan pernah lengah dan selalu lindungi diri dengan perlengkapan yang memadai.

Namun jika tidak mendesak, ada baiknya menunda rencana bepergian ke luar rumah dengan motor, meski keadaan seakan sudah terlihat membaik.

Referensi

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More