Pentingnya Merawat Mesin Motor

Publikasi: 1 tahun 1 bulan 17 hari 16 jam 59 menit yang lalu

Segala macam aset yang kita punya tentu membutuhkan perawatan untuk bisa menjaga performa nya tetap berjalan dengan baik, termasuk motor. Motor adalah salah satu jenis kendaraan bermotor yang seringkali kita gunakan untuk bepergian, baik untuk bekerja, belajar, maupun jalan-jalan di akhir pekan.

Penggunaan secara reguler ini akan membutuhkan beberapa aksi perawatan yang harus dilakukan secara rutin. Selain daripada memelihara fisik luar motor dengan mencuci, pemeliharaan mesin juga harus diterapkan, mengingat mesin adalah komponen paling penting dari sebuah motor. Sebagian orang mungkin masih merasa malas akan kewajiban ini. Namun, padahal ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan ketika mesin motor dirawat setiap saat, seperti:

1. Menghindari Mogok

Tidak ada orang yang suka jika motornya mogok. Bayangkan saja, apabila anda sedang terburu-buru untuk masuk kerja maupun belajar di kampus, tiba-tiba motor merengek. Hal ini tentu akan membuat siapapun jengkel dan bahkan enggan untuk menggunakan motornya karena sudah putus asa.

Itulah dimana pentingnya merawat mesin motor, salah satunya untuk mencegah mogoknya kendaraan anda. Dengan perawatan ringan seperti memanaskan mesin motor sebelum berangkat, rutin mengganti oli sebulan sekali, dapat membuat mesin anda tetap terjaga performanya dan jauh dari yang namanya mogok.

2. Mencegah resiko turun mesin karena kerusakan berat

Akibat paling parah dari tidak dirawatnya mesin motor adalah turun mesin. Turun mesin harus dilakukan untuk memperbaiki kerusakan berat di bagian dalam mesin motor. Biasanya, ada beberapa komponen yang harus diganti agar motor bisa berjalan normal kembali. Dan terkadang biayanya sangat mahal.

Maka dari itu, dengan merawat mesin motor, anda bisa terbebas dari resiko turun mesin. Paling tidak, anda bisa memperpanjang waktu yang dibutuhkan untuk melakukan penggantian komponen dalam mesin menjadi lebih lama.

3. Membuat motor menjadi lebih awet

Dengan terawatnya motor anda, maka anda bisa menggunakannya untuk tempo yang cukup lama. Meski digunakan dalam periode waktu yang panjang, anda masih bisa menggunakannya dengan normal dan lancar seperti biasanya. Pemeliharaan yang rutin juga dapat mempertahankan performa motor, sehingga motor akan jadi lebih awet masa penggunaanya.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More