wanda

Pentingnya Perawatan Motor Di Musim Hujan

Publikasi: 1 bulan 4 hari 8 jam 45 menit yang lalu

Di saat musim hujan, perawatan motor sebaiknya lebih diperhatikan secara intensif, dibandingkan saat cuaca normal. Sebab motor akan lebih sering terkena oleh air daripada biasanya. Tak hanya air hujan, tetapi juga cipratan di jalan yang mengandung banyak bahan kimia dan kotoran. Cipratan ini biasanya masuk ke bagian bawah kendaraan, dan bisa mempengaruhi kondisi mesin.

Menjaga Dari Karat

Bahan body dan mesin motor yang material utamanya dari besi, jika terkena air secara menerus dalam waktu lama, bisa menjadi berkarat. Jika motor beberapa bagiannya sudah berkarat, maka kerusakan akan terjadi serta merusak penampilan motor.

Untuk menjaga agar motor bebas dari karat, selalu bersihkan motor setelah terkena air hujan. Sebisa mungkin jangan biarkan air hujan terus menempel di bagian motor. Tidak terlalu susah sebenarnya, anda tinggal mengelap bagian yang terkena air hujan dengan kanebo. Jaga agar bagian tersebut segera mungkin. 

Bagian yang paling mudah berkarat adalah rantai motor. Sebab, adanya air hujan akan melarutkan pelumas yang ada pada rantai. Dalam jangka waktu yang terus menerus, pelumas akan habis, rantai pun akan kering berkarat yang pada akhirnya membuat rantai bisa putus.

Masalah Kelistrikan

Air hujan juga bisa berdampak pada masalah kelistrikan pada motor. Air yang menggenang atau mengenai komponen aki, bisa memicu adanya korsleting. Motor pun akan tidak bisa untuk dihidupkan. Oleh karena itu, jaga agar bagian aki selalu kering. Lap atau semprot dengan kompresor angin untuk pembersihannya.

Selain aki, komponen yang rawan mengalami kebocoran karena air hujan adalah bagian busi. Tidak hanya sebagai penutup atau pelindung busi, tutup busi berfungsi menyambungkan kabel dari koil ke busi. Selain itu, tutup busi memiliki fungsi penting untuk meminimalisir kebocoran arus listrik antara sambungan bagian-bagian busi. 

Oleh karena itu, jika penutup busi rusak karena terpapar air hujan terus menerus, maka bagian dalam busi akan mudah kemasukan air. Jika sudah demikian, arus listrik di busi akan mengalami korsleting. Mogok pun tidak bisa dihindari jika sudah terjadi hal demikian.

Pencegahan

Untuk mencegah bahaya air hujan masuk ke dalam komponen atau menyebabkan karat, hindarilah melewati jalanan yang tergenang air. Jangan memaksakan lewat jalan yang tertutup genangan air, karena efeknya akan sangat signifikan terhadap motor. 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More