Per CVT Kelewat Keras? Ini Dampaknya Buat Motor Matic

Publikasi: 1 bulan 14 hari 1 jam 13 menit yang lalu

Ingin beli per CVT aftermarket? Anda harus cermat dalam memilih, ya! Soalnya, dibandingkan per CVT bawaan pabrikan, per CVT aftermarket untuk motor matic memiliki tingkat kekerasan yang bermacam-macam, dengan ukuran 1.000, 1.500, maupun 2.000 rpm.

Pemilihannya pun harus sesuai dengan kondisi motor. Lalu, seperti apa tips lain yang penting untuk dipelajari sebelum membeli per CVT untuk motor matic kesayangan?

Tips memilih per CVT buat motor matic

Selain soal tingkat kekerasan, berikut ini tips yang tak boleh dilewatkan oleh pemilik motor matic dalam memilih per CVT, agar kondisi motor maupun spare part tetap prima.

1. Efek per CVT yang terlalu keras

Apabila motor matic Anda belum mengalami ubahan, maka pemakaian per CVT 2.000 rpm tidaklah disarankan. Sebab, selain bikin akselerasi motor berat, v-belt dan roller juga jadi lebih cepat aus, akibat penggunaan per CVT yang terlalu keras ini.

Lho, kok bisa begitu? Jadi, per CVT yang terlalu keras akan membuat pulley semakin susah membuka. Tentunya untuk membantu pulley terbuka, v-belt dan roller mesti bekerja ekstra berat.

2. Pemilihan ukuran per CVT

Lantas, berapa ukuran per CVT yang disarankan? Bagi motor matic dengan kondisi mesin standar, Anda direkomendasikan untuk memilih per CVT dengan ukuran 1.000-1.500 rpm. Sementara itu, ukuran di atasnya, yaitu 2.000 rpm, disarankan bagi motor dengan mesin yang sudah mengalami modifikasi. 

Fungsi per CVT

Per CVT memang berperan penting dalam akselerasi motor. Apabila Anda mengganti yang lama dengan yang ukurannya pas dan berkualitas baik, maka tarikan motor matic pun bisa terasa lebih ringan. Soalnya, per CVT memang berfungsi untuk mendorong pully ketika terjadinya gaya sentrifugal. Hal ini dapat mendukung performa CVT.

Anda dapat membedakan ukuran per CVT berdasarkan warnanya. Warna merah untuk per CVT ukuran 2.000 rpm. Sementara itu, yang berukuran 1.500 dan 1.000 rom masing-masing berwarna kuning dan putih. 

Selain soal spek per CVT, yang juga tak kalah penting adalah mengetahui perbandingan harga dan jasa pemasangannya di bengkel. Jangan lekas tergiur harga yang terlalu murah. Sebab, harga tentu saja memengaruhi kualitas komponen dan pemasangannya.

Referensi

https://www.gridoto.com/read/222791945/ini-efek-negatifnya-kalau-motor-matic-pakai-per-cvt-terlalu-keras?page=all

https://www.motorplus-online.com/read/251927992/tarikan-skutik-lemot-coba-pasang-per-cvt-ini-akselerasi-skutik-jadi-enteng?page=all

Label : Cari Aman Tips Merawat Motor Tips Motor Honda CVT Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More