Perawatan Ban Agar Motor Selalu Nyaman Dikendarai

Publikasi: 2 bulan 11 hari 12 jam 41 menit yang lalu

Setiap barang atau produk memiliki batas waktu pemakaian atau masa kadaluarsa masing-masing. Tak hanya makanan, spare part motor juga memiliki masa kadaluarsanya juga, khususnya ban. Perawatan dan pengecekan pada ban motor tidak banyak dilakukan oleh pemilik kendaraan. 

Kebanyakan, para pemilik cenderung berfokus pada perawatan mesin. Padahal kondisi ban juga sangat penting untuk terus dipantau. Hal ini agar perjalanan anda tidak mengalami gangguan dan kendala yang berarti. Anda tentu tidak mau kan, di tengah perjalanan harus direpotkan dengan ban yang bocor atau masalah ban lainnya. Sepertinya hal sepele, tetapi mendorong motor karena masalah ban, bikin kita capek, belum lagi gengsinya ketika ditonton pengendara lain sepanjang jalan. 

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam hal perawatan dan pemilihan ban motor. Lebih dalam, anda bisa membaca dan memahami dengan seksama ulasan kami di artikel ini. 

Masa Kadaluarsa Ban

Membeli ban baru bukan berarti anda mendapatkan ban yang benar-benar baru dari pabrik. Setiap ban memiliki masa pemakaian maksimal 5 tahunan. Meskipun tidak pernah dipakai sama sekali, serat dan lapisan pada ban akan mengalami degradasi atau penurunan kualitas. Sebab bahan utama dari ban adalah karet, yang bisa berubah kualitas karena suhu dan cuaca.

Dalam hal ini biasanya sebuah toko tidak benar-benar menjual ban yang baru. Sebab, bisa saja ban itu berada di toko tersebut dalam waktu yang lama dan tidak kunjung laku. Tentu kualitas lapisan dan seratnya akan menurun. Untuk memastikannya, ada kode yang tercetak di sisi samping ban. Yang perlu anda perhatikan adalah 4 digit angka, di mana itu menunjukkan tahun produksi ban. Jadi pastikan tahun pembuatan tidak lebih dari 1 tahun.

Menyimpan Ban

Namun, jika anda kemungkinan tidak langsung memakai ban setelah dibeli, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan agar kondisinya tetap terjaga dengan baik. Pertama, simpan ban dalam bungkusan yang baik, dan tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Selain itu juga, jauhkan menyimpan ban dekat dengan barang-barang kimia seperti tiner atau cat. Karena ada paparan zat kimia yang bisa mempengaruhi kondisi ban. 

Mengecek Kondisi Ban

Memang tidak perlu rutin dalam waktu dekat untuk mengecek kondisi ban motor anda. Namun anda bisa melakukan pengecekan ban, saat anda melakukan penggantian oli. Beberapa hal yang wajib anda lakukan pengecekan saat perawatan ban yakni : 

? Tingkat keausan ban. Pertama dan terpenting, yang perlu anda cek dengan seksama adalah kondisi kasat mata ban. Apakah ban tersebut masih bulat sempurna, atau sudah ada beberapa titik yang mengalami benjolan? Apakah permukaannya sudah benar-benar halus dan berubah warna semakin memudar atau tidak? 

? Kerutan di sisi ban. Lapisan ban yang sudah mulai mendekati kadaluarsa, ditandai dengan adanya garis seperti kerutan atau retakan di bagian sisi ban. 

? Batang colokan ban. Biasanya kebocoran angin ban, tidak hanya karena adanya lubang di permukaan ban. Tetapi juga pada colokan yang sudah berkarat ataupun retak. Mengganti colokan ban perlu anda lakukan secara rutin.

Label : Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More