Perhatikan Kaliper Rem, Terlebih Saat Akan Berpergian Jauh

Publikasi: 1 bulan 21 hari 17 jam 25 menit yang lalu

Kaliper rem atau caliper pada motor merupakan salah satu komponen dari rem cakram yang berfungsi sebagai rumah atau penopang kampas rem dan piston. 

Komponen ini bekerja dengan mendorong piston sehingga kampas rem dapat mengenai bagian rotor untuk menghentikan laju motor.

Dan wajib dipahami, kaliper rem ini perlu diperhatikan dan dirawat dengan sungguh-sungguh sebelum digunakan, apalagi jika ingin berkendara  cukup jauh. 

Semua itu penting dilakukan  demi menjaga keselamatan berkendara.

Ini 4  langkah yang wajib dicermati dalam merawat  kaliper rem motor: 

Jauhi Dari Noda  dan Debu 

Nasehat umum dalam memiliki kendaraan bermotor adalah, usahakan secara rutin menjaga kebersihan  pada  setiap komponen, termasuk  di kaliper ini. Cara membersihkannya  sebaiknya gunakan air bertekanan cukup  sehingga debu dan kotoran lenyap.

Jangan Sampai Tipis 

Rutinkan dalam  memeriksa kampas rem. Jangan sampai melebihi batas aman atau sampai tipis. Dari pabrikan direkomendasikan mengganti kampas rem setiap 25.000 km atau  maksimal setahun sekali.

Jangan Bocor 

Selalu cek jalur minyak rem, pastikan tidak ada minyak rem yang bocor atau merembes pada jalur minyak rem. Jika ada kebocoran, maka beberapa komponen tidak bisa berfungsi dengan maksimal dan bisa membahayakan pengendara.

Rawat Sebulan Sekali

Hal yang paling penting adalah melakukan perawatan rem cakram sepeda motor secara rutin dan berkala. Paling tidak pemilik motor wajib melakukannya minimal satu kali dalam sebulan.

Jika merasa kesulitan untuk melakukan pengecekan sendiri, jangan sungkan  minta bantuan teknisi atau service advisor AHASS saat melakukan servis sepeda motor. 

Jangan lupa juga untuk menjaga mesin dan performa sepeda motor tetap optimal dengan melakukan perawatan secara berkala di AHASS terdekat agar sepeda motor mendapatkan service pasti dari yang Ahli. 

Manfaatkanlah layanan booking service atau Layanan Kunjungi AHASS untuk kebebasan waktu service.

Label : AHASS Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare Kaliper Motor Kaliper Rem

Comment

User Comment

Your comment

Load More