Posisi Dan Sikap Tubuh Yang Nyaman Untuk Berkendara, Yuk Dicoba!

Publikasi: 4 bulan 5 hari 14 jam 39 menit yang lalu

Sering pegal – pegal saat bawa motor? Bisa jadi posisi duduk Kamu salah. Lho, kok bisa salah? Naik motor kan ya tinggal naik aja? Waaah, tidak semudah itu Ferguso! Naik motorpun juga ada tekniknya. Salah satunya adalah cara untuk duduk secara nyaman. 

Kenyamanan saat berkendara bisa diraih dengan cara membenarkan posisi duduk dan posisi tangan saat menyetir. Nah, Kamu sendiri selama ini udah benar gak cara duduknya? Trus posisi tangan kamu udah benar belum? Kalau belum tau cara duduk dan memposisikan tangan yang benar, yuk kita lihat bareng – bareng beberapa tips posisi tubuh yang nyaman untuk berkendara. 

1. Tangan Mengepal Di Tuas Gas Secara Full

Sebelum membenarkan posisi duduk kalian, kita mulai dari posisi tangan terlebih dahulu. Posisi tangan harus menggenggam gas secara sempurna. Kesalahan yang sering terjadi sih biasanya pengendara hanya menggenggam gas dengan sebagian jari tangan kanan. Sebagian lagi digunakan untuk berjaga – jaga di gas. 

Hal ini sebenarnya bisa menjadikan pengendara tidak maksimal dalam mengendalikan motornya. Selain itu dalam perjalanan yang jauh, jari tangan kamu bisa gampang pegal dan di udara yang dingin bisa aja jarimu kram di tengah perjalanan. Wah, jangan sampai terjadi deh ya. 

2. Begitu Pula Tangan Kiri Yang Ada Di Kopling

Jika tangan kanan harus menggenggam gas secara penuh, maka begitu pula dengan tangan kiri. Dengan alasan yang sama, Kamu harus menggenggam tuas kendali dengan sempurna. Jadi untuk kopling bisa kamu gunakan selama dibutuhkan aja. Selepas dari itu, posisikan tangan pada tuas kendali agar motor tetap terjaga.

3. Untuk Matic, Kaki Harus Berada Di Dalam Dek.

Jika motormu adalah matic, kakimu harus dan wajib berada di dalam dek. Maksudnya jika dilihat dari depan, posisi kakimu tertutupi oleh dek motor. Selain sudah dirancang sedemikian rupa supaya nyaman untuk meletakkan kaki, berada di dalam dek motor akan membuat kakimu aman dari benturan. 

4. Untuk Motor Kopling, Posisi Paha Wajib Menjepit Tangki 

Biasanya mereka yang punya tinggi badan berlebih akan memilih motor kopling untuk ditunggangi. Alasannya sih karena kaki mereka gak akan muat di dalam dek motor matic. Nah, untuk motor kopling yang biasanya ada tangki bensin, posisikan pahamu agar menjepit bagian bawah tangki. Posisi seperti ini akan membuat kakimu tahan lebih lama dalam perjalanan yang jauh. 

Selain itu, posisi paha yang menjepit tangki akan menjadikan motor lebih mudah untuk dikendalikan. Bahkan untuk cornering di tikungan yang sulit. Jadi selain lebih nyaman, akan lebih mudah dalam menghandle kendali motormu.

5. Disarankan Lebih Merunduk Jika Motormu Punya Tangki yang Besar

Jika tangki motormu gede, posisikan dudukmu secara santai. Dan sedikit menunduk ke arah depan. Sedikit aja menunduknya ya, jangan kelewat nunduk, karena malah akan bikin Kamu capek sendiri nantinya. Dengan cara ini, punggung dan area bahu kamu akan lebih rileks. Karena biasanya motor sport dengan tangki yang besar juga butuh stamina ekstra untuk mengendarainya. 

6. Punggung tegak lurus tapi santai.

Yang terakhir adalah posisi punggung Kamu sob. Pastikan posisi punggung tegak dan tidak bungkuk saat berkendara. Walaupun kadang harus cenderung menunduk ke depan, tulang punggung wajib dijaga agar tetap lurus. Posisi punggung yang baik akan menentukan seberapa  nyaman Kamu dalam berkendara.

Selain meluruskan tulang punggung, posisi lenganmu juga harus paling tidak menekuk sekurangnya 30 derajat agar semakin rileks dalam menunggangi sepeda motormu. 

Label : Cari Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More