Posisi Setang Motor, Menentukan Keselamatan Pengendara

Publikasi: 10 bulan 27 hari 56 menit yang lalu

Sepeda motor nyaman dikendarai tidak semata terasa pada joknya terasa lembut dengan  ukuran bangku lebar. Tetapi juga terasa pada kondisi bagian setang yang seimbang dan stabil.

Patut diketahui, setang  sendiri dipengaruhi banyak bagian. Apabila ada salah satu bagian ada  yang rusak, otomatis setang akan  terasa bergoyang. Ada beberapa penyebab dan cara memperbaiki setang motor goyang dan tidak seimbang. 

Mari kita lihat  bagian mana yang  bisa diduga sebagai sumber  munculnya ketidakstabilan pada setang :

1.Pelek rusak

Ada beberapa kondisi pelek yang membuat setang motor bergoyang. Pertama karena bengkok  akibat motor pernah terjatuh atau mengendarai dalam kondisi ban kempes.

Kedua adalah karena pelek retak yang membuat kondisinya tidak stabil ketika berjalan. Ada cara yang bisa digunakan untuk melihat kondisi pelek ini. Standarkan motor dengan standar dua, kemudian putar roda dan lihat dari arah depan atau belakang.

2. Komstir mulai longgar

Komstir adalah bagian dari kendaraan yang sangat penting dalam pengendalian laju motor. Letaknya pada rangka motor bagian depan, yakni di antara segitiga garpu. Komstir bisa rusak tergantung pada lama pemakaian kendaraan.

Kerusakan yang biasanya terjadi adalah komstir menjadi longgar dan menyebabkan setang sulit untuk digerakkan. Tanda-tanda yang terasa adalah setang menjadi goyang dan sulit untuk dibelokkan. Ketika Anda ingin belok, setang terasa akan berjalan lurus.

Bentuk dari komstir sendiri adalah bulat seperti donat dengan bola-bola kecil ada di dalamnya. Kerusakannya adalah ketika bola-bola di dalamnya mulai aus. Efek yang didapatkan adalah saat setting setang akan sulit dilakukan.

3.Ban Kempes/Bocor

Ban motor kempes atau bocor dan tetap dipaksakan berjalan, bisa membuat posis setang tidak stabil dan ini juga bisa berakbibat merusak pelek.

Sebetulnya ada beberapa jenis kondisi ban yang sudah tidak layak digunakan ada beberapa jenis.

Pertama, muncul benjolan pada band akbibat terlalu sering terkena benturan  di jalan rusak  yang membuat ban  sudah tipis. 

Kedua, ban mengalami kempes, karena bocor maupun kurangnya tekanan angin.Ban yang kempes akan menimbulkan ketidakstabilan pada setang motor. 

Ketiga, ukuran ban yang tidak tepat atau kekecilan disbanding pelek motor membuat  kestabilan setang terutama saat melewati jalan rusak akan berkurang.

4. Bearing Roda Longgar

Bearing roda adalah leher yang terdapat pada bagian tengah roda. Fungsi utamanya adalah untuk membuat as roda tidak bergesekkan secara langsung dengan rumah roda. Bearing roda juga akan membuat putaran roda jadi lebih stabil.

Kerusakan yang terjadi pada bearing roda ini biasanya terdapat pada bantalan peluru bulat di dalamnya yang pecah. Cara mengecek apakah bearing roda yang menjadi penyebab setang motor goyang adalah dengan menggoyangkan roda ke arah kiri dan kanan.

Ketika roda terasa tidak kencang setelannya maka bearing pasti rusak dan setang motor pun goyang. Jika memang ini adalah masalahnya, maka segera ganti bearing roda dengan yang baru, karena sama seperti komstir, ketika longgar maka tak bisa diperbaiki lagi.

5. Segitiga Dudukan Motor

Komponen ini menghubungkan setang dengan shockbreaker. Apabila pada bagian garpu kiri dan kanan tidak sejajar, maka setang motor otomatis akan bergoyang.

Untuk mengetahui apakah betul segitiga dudukan motor yang jadi penyebabnya adalah dengan cara mengecek langsung dengan  menggunaka alat ukur fuller untuk mengukur kesejajaran dudukan segitiga motor tersebut di tempat yang datar.

Jika ragu  dan tidak yakin bisa meneliti setang dan komponen pada motor, sebaiknya segera bawa ke bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor  sekaligus bisa diperiksa.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service. 

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare Tips Motor Stang Motor

Berita Terkait