Rawat Motor Demi Hemat Biaya Service

Publikasi: 1 bulan 2 hari 10 jam 12 menit yang lalu

Banjirnya jumlah sepeda Motor dijalan raya, semata-mata  karena kendaraan ini dianggap lebih  efisien  dalam membedah  kemacetan jalan  di berbegai pelosok negeri.  Motor dinilai telah menjadi moda transportasi yang lebih praktis sekaligus lincah dibandingkan dengan mobil, terutama untuk membedah kemacetan. 

Sayangnya masih ada banyak pemilik motor yang hanya tahu cara mengendarainya, tanpa paham bagaimana cara merawatnya. Agar motor selalu siap dalam segala situasi dan kondisi untuk prima digunakan, Ini beberapa tips merawat motor yang benar:

Panaskan Sebelum Digunakan

Biasanya, cara ini bisa dilakukan pada pagi hari, setelah motor semalaman dalam keadaan mati. Pastikan memanaskan mesin motor tidak lebih dari lima menit. Sebab, jika dilakukan berlebihan hanya akan membuang bahan bakar motor secara sia-sia. Dipastikan  sepanjang lima menit itu mesin motor akan terasa hangat. Lantas, biarkan suhu meningkat perlahan secara alami. Hal sederhana seperti inilah yang bisa membantu motor jadi lebih awet. Selain menjaga performa,  ini juga bisa membuat aki motor berumur panjang.

Gunakan BBM Berkualitas

Sejumlah produk motor keluaran terbaru, mesin yang digunakan telah dirancang sedemikian rupa dengan teknologi injeksi yang hemat bahan bakar. Supaya sistem satu ini mampu bekerja sebagaimana fungsinya, disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan di atas 90. Terutama untuk motor jenis sport.

Dengan performa motor yang terjaga dari sisi BBM, dipastikan bisa menghemat biaya service. 

Cuci Berkala

Pastikan motor  selalu dicuci berkala, baik menggunakan air atau sekadar di lap dengan kain basah. Tentu saja, pembersihan seperti ini bukan hanya untuk menjaga penampilan motor supaya enak dipandang saja. Melainkan juga membersihkan kotoran yang bisa jadi menempel di area mesin ataupun kampas rem.

Saat mencuci motor, gunakan sabun khusus. Dan pastikan menyemprotkan air dengan kencang di bagian yang berdebu supaya tidak meninggalkan goresan ketika digosok. Pada bagian roda, sebaiknya gunakan sikat ekstra lembut seperti sikat gigi supaya mampu menjangkau area atau celah kecil di sekitarnya.

Segera cuci motor setelah diguyur air hujan. Pasalnya, air hujan bersifat asam yang bisa memicu karat sehingga area yang bermaterial besi lebih cepat keropos. Setelah dicuci bersih, keringkan seluruh bagian motor supaya tidak meninggalkan bercak putih. Lapisi juga dengan cairan silikon agar tampak lebih mengilap.

Hindari Paparan Sinar Matahari 

Paparan sinar matahari yang terus-menerus bisa memicu terjadinya retakan di area kaca speedometer motor juga bisa mengubah warna body motor jadi cepat pudar dan kusam.  Karena itu biasakan mencari lahan parkir yang teduh atau tutup dengan kain supaya motor terlindungi dari paparan UV.

Dan yang terpenting, lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor  termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal.

Dan ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.***

Service Motor Perawatan Motor Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Servis Motor

Berita Terkait

Ada 2 Jenis Oli Pada Motor Matic, Apa Saja?

19 Februari 2024 - administrator

Awas, Ini Dampak Jarang Ganti Oli Gardan

19 Februari 2024 - administrator