Rawat Shockbreaker Dengan Benar, Jika TIdak Ingin Ban Jadi Rusak

Publikasi: 3 bulan 9 jam 38 menit yang lalu

Shockbreaker adalah salah satu komponen kunci dalam kendaraan yang berfungsi sebagai peredam, memberikan kenyamanan saat berkendara. Komponen ini memerlukan perawatan rutin, terutama jika pengendaranya memiliki mobilitas yang padat setiap harinya.

Dalam upaya menjaga shockbreaker tetap awet dan berfungsi dengan baik, ada beberapa cara perawatan yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah membersihkannya secara teratur. 

Kotoran yang menempel pada shockbreaker dapat merusak seal dan menyebabkan kebocoran oli. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan kualitas pegas pada shockbreaker secara alami.

Selain membersihkan shockbreaker, perlu memperhatikan beban yang dibawa. Beban berlebihan dapat mengakibatkan suspensi tidak berfungsi dengan baik. Disarankan untuk mengganti oli pada komponen ini setiap 2-3 tahun agar tetap nyaman saat digunakan.

Menggunakan shockbreaker yang rusak dapat merusak komponen lain pada motor, termasuk ban.

Jika shockbreaker rusak dan tetap digunakan, kondisi ban tidak akan merata, yang pada akhirnya dapat menyebabkan keausan pada beberapa bagian ban

Karena itu sebaiknya setiap pengguna sepeda motor memeriksa kondisi shockbreaker secara berkala, memastikan posisinya tetap di tengah (center) dan semua komponen, termasuk karet mounting-nya masih berfungsi dengan baik.

Nah, jika sudah ketahuan  efek samping dari tidak terawatnya shockbreaker bisa menimbulkan banyak persoalan baru, maka wajib rawat bagian ini dengan teratur. Bila perlu  minta tenaga ahli untuk menanganinya. Karena itu bisa kunjungi bengkel AHASS terdekat, sekaligus lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Service Motor Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Servis Motor Ban Motor #hondacare Shockbreaker Shock Breaker

Berita Terkait

Ada 2 Jenis Oli Pada Motor Matic, Apa Saja?

19 Februari 2024 - administrator

Awas, Ini Dampak Jarang Ganti Oli Gardan

19 Februari 2024 - administrator