Saat Motor Berhenti, Kaki Sebelah Mana Yang Diturunkan?

Publikasi: 2 bulan 4 hari 17 jam 46 menit yang lalu

Saat mengendarai sepeda motor jenis  sport atau cub, kedua kaki pengendara berada di masing-masing footstep kanan dan kiri. Kaki bagian kanan berada di footstep untuk mengendalikan rem belakang sedangkan kaki bagian kiri bertugas menaikkan dan menurunkan tuas gigi persneling yang berada di sebelah kiri.

Saat menghentikan motor, terutama di tengah kemacetan atau terhenti karena keadaan darurat, kaki yang manakah  yang harus didahulukan turun dari foot step sepeda motor. Bagian kiri atau kanan?

Nah, kaki kiri  berperan menjaga keseimbangan dan mengontrol berat sepeda motor. Ketika Anda berhenti, sepeda motor bisa menjadi cukup berat untuk dipegang hanya dengan satu kaki. Kaki kiri yang menopang berat motor membantu mencegah terjatuh.

Gunakan  Lajur Kiri

Ketika berhenti saat berkendara, sepeda motor harus ditopang dengan baik dan kaki pengendara bertugas untuk menggantikan standar sepeda motor, sementara untuk menahan atau menopang beban ketika berhenti sehingga sepeda motor lebih aman dan stabil.

Disarankan kaki pengendara yang pertama turun menginjak jalan atau lintasan untuk menahan motor adalah kaki bagian sebelah kiri.

Ini dikarenakan lalu lintas di Indonesia adalah menggunakan lajur kiri, maka setiap menghentikan motor pasti berada di kiri jalan. Sehingga kendaraan di belakang cenderung melewati motor yang berhenti itu dari sisi kanan. Jika pengemudi berhenti dengan menurunkan kaki kanan dikhwatirkan kaki kanan yang berada di sebelah kanan dapat terlindas kendaraan orang lain yang hendak menyalip kendaraan kita.

Jenis Transmisi

Mengapa disarankan menurunkan kaki kiri terlebih dahulu, ini  juga lebih banyak karena jenis transmisi yang digunakan pada motor cub dan sport.  

Untuk pengguna motor sport pada saat menghentikan motor, saat kaki kiri menginjak aspal,  disarankan kaki kanan tetap menginjak pedal rem sampai motor benar-benar berhenti, sedangkan untuk kendaraan tipe matic kaki kanan disarankan tetap di area dek untuk membuat sepeda motor lebih stabil.

Terkecuali jika berada dalam kondisi kemacetan atau jalanan yang padat merayap, ketika kita sedang melaju secara perlahan, kaki pengendara yang turun untuk menopang bisa bergantian atau bisa juga dua-duanya. Namun tentunya dengan tetap melihat kondisi jalan dan potensi bahaya yang ada di sekitar kita.

Dan yang terpenting adalah saat berkendara, tentu  diwajibkan menggunakan perangkat keselamatan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu untuk mengurangi resiko kecelakaan ketika sedang di jalan raya.

Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda #hondacare

Berita Terkait

Ada 2 Jenis Oli Pada Motor Matic, Apa Saja?

19 Februari 2024 - administrator

Awas, Ini Dampak Jarang Ganti Oli Gardan

19 Februari 2024 - administrator