Sebelum Berkendara, Kenali Dan Ketahui Terlebih Dahulu Jenis Helm Yang Tepat Untuk Anda

Publikasi: 4 tahun 26 hari 21 jam 59 menit yang lalu

Helm adalah salah satu syarat wajib untuk dimiliki setiap pengendara motor. Hal tersebut karena helm menjadi penjaga terluar dari benturan atau apapun yang membahayakan kepala. Oleh karenanya, hal tersebutlah yang melandasi kenapa pihak kepolisian mewajibkan siapa saja yang mengendarai kendaraan bermotor dan telah memiliki SIM, untuk mengenakan helm dan akan menindak siapa saja yang melanggar hal tersebut.

Berbicara masalah helm, sampai sekarang ini ada berbagai jenis dan model pelindung kepala tersebut yang diciptakan dan dijual di pasaran. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai masing-masing helm yang tersedia di pasaran. 

Helm Full Face

Helm full face menawarkan cakupan perlindungan terluas di sekitar kepala dan leher Anda. Bahkan dibandingkan dengan model helm lainnya, helm full face dapat dianggap sebagai jenis yang teraman untuk melindungi Anda dari risiko paling berbahaya. 

Fitur yang membedakan helm full face dengan model helm lainnya adalah pada chin bar yang merupakan fitur keselamatan utama yang tidak dimiliki oleh jenis lain. Menurut sebuah studi tentang kerusakan helm dan cedera kepala sepeda motor, dagu menghadapi lima puluh persen dampak parah selama kecelakaan dan hanya helm wajah penuh seperti helm full face ini yang dapat memberi Anda perlindungan untuk dagu dan rahang.

Sebagian besar helm full face ini dilengkapi dengan ventilasi yang berfungsi untuk menguapkan keringat agar dapat membuat Anda tetap dingin saat mengendarai di waktu musim panas. Pada bulan-bulan yang lebih dingin, ventilasi dapat ditutup untuk mengurangi aliran udara masuk. Dan sekarang ini, ada banyak fitur baru ditambahkan di dalam helm full face beberapa tahun terakhir, seperti speaker yang dapat terhubung dengan perangkat via Bluetooth, pilihan dan desain warna dengan visibilitas tinggi sampai dengan pelindung yang berwarna dan menyesuaikan dengan kondisi cahaya matahari.

Helm Modular (Flip-up)

Helm modular, juga dikenal sebagai helm flip-up, adalah campuran antara helm ¾ dan helm full face. Diciptakannya jenis helm seperti satu ini alasannya adalah agar dagu dan pelindung wajah depan dapat dilipat atau dibuka secara manual tergantung keinginan sang pemakainya. Untuk bahan dan kelengkapannya sendiri mirip dengan helm full-face. Ada pula jenis helm modular ini yang dilengkapi dengan pelindung mata internal sekunder untuk perlindungan mata tambahan dari sinar matahari.

Helm modular cenderung sedikit lebih berat daripada helm full face tradisional karena fitur engsel yang ada di bagian samping untuk membuka dan menutup pelindung depan. Helm modular sering digunakan oleh wisatawan, penjelajah, dan pengendara petualangan, karena dirancang untuk dapat dibuka dan ditutup sesuka hati tanpa harus membuat kepala terkendala. Terkadang, ada pula model yang sudah dilengkapi dengan speaker Bluetooth sampai dengan sistem visor ganda dan lapisan anti-kabut pada visor primernya.

Helm Open Face (¾) 

Helm Open Face (¾) merupakan helm yang paling laris dan digunakan di berbagai tempat di Indonesia. Helm satu ini memiliki desain yang menutupi bagian belakang dan samping kepala Anda tetapi membiarkan wajah Anda terbuka. Fitur yang membedakan dari helm full face atau modular adalah adalah tidak adanya pelindung dagu di bagian depannya. 

Helm Open Face (¾) secara struktural dianggap sama dengan helm full face karena tetap memberikan perlindungan di area vital di sekitar kepala. Bobotnya sedikit kurang dari helm wfull face. Selain itu, karena pada bagian depan terbuka tanpa penutup yang rapat, maka akan membuat wajah tetap kotor ketika berkendara di berbagai medan. Hal itu dikarenakan wajah hanya terlindung oleh visor depan saja. 

Helm Off-road  dan Helm Dual-sport 

Helm off-road  dan helm dual-sport dirancang seperti namanya yaitu untuk berkendara jauh dari jalanan dan di lebih untuk medan jalan tanah yang ekstrem. Kedua jenis helm ini bukan pilihan terbaik untuk penggunaan perkotaan atau jalanan beraspal. 

Secara umum, kedua jenis helm ini memiliki fungsi dan model agak mirip. Yang membedakan terletak pada visor bagian depannya. Namun secara keseluruhan, baik helm off-road  ataupun helm dual-sport memiliki desain besar dan sedikit ramping pada sisi kanan kirinya dan juga mempunyai pelindung dagu yang maju ke depan, berbeda dengan pelindung dagu pada model full face atau modular. 

Kira-kira, helm jenis apa yang cocok untuk Anda kenakan?

Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda

Berita Terkait