Sebenarnya, Apa Saja Sih Fungsi Oli Motor?

Publikasi: 9 bulan 20 hari 22 jam 15 menit yang lalu

Oli motor harus diganti secara rutin. Soalnya, seiring bertambahnya usia motor, performanya pun akan menurun. Sebagai pemilik motor, Anda pasti sudah mengetahui hal ini. Namun sebenarnya, apa sih fungsi oli motor itu? Sepenting apa oli motor?

Oli motor memang harus diganti biat mesin motor kesayangan Anda senantiasa terawat dan ga ngerepotin waktu harus boncengin gebetan. Nah ini dia peran oli motor yang penting untuk Anda ketahui.

4 Peran oli motor

Secara garis besar, oli motor berperan penting dalam melumasi, membersihkan, mendinginkan, dan melindungi mesin motor. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Oli motor sebagai pelumas mesin

Sebagai pelumas mesin, oli dapat mengurangi kemungkinan gesekan yang bisa terjadi di antara logam komponen mesin. Apabila gesekan sampai terjadi, komponen pada mesin bisa gampang aus. Akibatnya, tenaga dari mesin bisa berkurang. Tak hanya itu, kotoran dan panas juga bisa muncul dari mesin. Dalam hal ini, oli berfungsi membuat gerakan mesin lebih halus, sehingga kerusakan mesin bisa dihindari.

2. Oli motor untuk membersihkan mesin

Fungsi oli motor yang selanjutnya adalah sebagai pembersih mesin. Jadi, hasil pembakaran mesin motor pada akhirnya menyisakan kerak. Tentu saja kerak ini harus dibersihkan secepatnya. Soalnya kalau tidak, performa motor kesayangan Anda jadi taruhannya. Keberadaan oli ini mampu membuang kerak sekaligus menjaga mesin motor tetap bersih. Namun, bukan berarti mesin motor tidak perlu dibersihkan secara rutin. Anda mesti tetap melakukan pembersihan ini juga ya.

3. Oli motor untuk mendinginkan mesin

Tahukah Anda, oli motor ternyata mampu membantu mendinginkan mesin? Saat motor dipakai berkendara, mesinnya akan panas. Nah, kehadiran oli ini dapat menyerap panas dan akhirnya temperature mesin pun bisa turun. Seperti apa mekanismenya? Jadi, oli yang mengaliri permukaan komponen, ikut membawa panas hasil pembakaran di silinder, maupun gesekan antarkomponen. Panas tersebut dikeluarkan lewat udara yang mengalir keluar.

4. Oli motor untuk melindungi mesin

Fungsi lain dari oli adalah melindungi mesin dari karat. Sebab, oli dapat menghindarkan paparan mesin dengan udara dan air secara langsung, dengan mencegah oksidasi di mesin. Tak hanya itu. Oli pun bisa menekan risiko kebocoran kompresi atau tekanan dari pembakaran, karena oli mengisi celah antara silinder mesin dan piston. Mesin motor juga terdengar halus kalau Anda baru ganti oli, kan? Soalnya, oli juga mampu meredam getaran dari benturan piston.

Setelah mengetahui pentingnya peran oli, jangan lupa untuk mengganti oli motor kesayangan Anda ya, supaya performanya selalu prima!

Referensi

https://www.qoala.app/id/blog/gaya-hidup/otomotif/oli-motor-terbaik/

https://www.gridoto.com/read/221002183/mengenal-lagi-3-fungsi-oli-di-mesin-motor-kamu-pasti-banyak-yang-belum-tahu


Label : Cari Aman Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare Oli Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More