Sekring Motor Putus, Ini Tanda-tandanya

Publikasi: 3 bulan 25 hari 20 jam 57 menit yang lalu

Apa aja sih gejala kalau gebetan putus dari (mantan) pacarnya? Mulai rajin kirim pesan via WhatsApp pada Anda, misalnya. Atau jadi lebih sering posting konten-konten untuk menarik perhatian di Instagram maupun TikTok. Nah, gimana kalau sekring motor yang putus?

Ya, sebenarnya sih memang ada tanda-tanda yang menunjukkan sekring motor putus. Masalahnya, pemilik motornya peka ga nih, sama ‘kode’ yang dikasih si motor kesayangannya ini?

Berbagai Tanda Sekring Motor Putus

Tanda sekring motor tetangga yang putus, belum tentu sama dengan tanda yang muncul pada motor Anda waktu sekringnya putus. Semuanya ini bergantung pada sekring bagian tertentu di motor, yang putus.

Motor itu punya beberapa sekring, termasuk sekring utama, sekring lampu, sekring pengapian, dan sekring kipas tambahan. Nah, ini dia sederet tanda sekring motor putus, yang ga boleh dicuekin.

1. Lampu motor tidak bisa dinyalakan

Apabila sekring kelistrikan atau sekring lampu yang putus, maka tentu saja lampu motor jadi ga bisa nyala walau mesin bisa hidup dan motor tetap dapat dikendarai. Dengan begitu, kalau kamu mendapati lampu motor menolak menyala meski kondisinya baru, ini tandanya untuk memeriksa sekring.

2. Klakson mati

Seperti halnya sekring kelistrikan atau sekring lampu, sekring pada komponen klakson yang mati, membuat fungsi ini pun tidak berjalan dengan semestinya. Lagi-lagi dalam kondisi ini, motor sebenarnya bisa saja digunakan. Namun tentu akan membahayakan keselamatan, jika berkendara tanpa klakson.

3. Mesin mati

Mesin motor bisa mati kalau sekring utama dan sekring pengapian putus. Jadi, apabila mesin motor Anda tiba-tiba mati, periksalah kedua sekring tersebut. 

Cara Mudah Periksa Sekring

Bagaimana jadinya jika sekring putus ketika Anda sendirian? Tentu saja sebaiknya Anda mengetahui cara memeriksa sekring motor. Berikut ini langkah-langkah mudahnya yang bisa jadi panduan.

  • Pelajari letak sekring sesuai jenis motor
  • Jika posisi sekring sudah ditemukan, lepas sekring menggunakan tangan
  • Perhatikan kondisi kawat sekring 
  • Apabila kawat masih menyatu, tandanya sekring masih baik-baik saja
  • Ketika ada kawat yang terpisah atau hangus, berarti sekring motor Anda putus

Saat mengganti sekring, pastikan untuk mengikuti anjuran pabrikan, terutama untuk motor standar.

Referensi

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More