Selain Bikin Keren, Apa Plus Minus Box Motor?

Publikasi: 7 bulan 14 hari 14 jam 25 menit yang lalu

Box motor merupakan sebuah aksesoris motor berbentuk semacam kotak atau wadah yang berfungsi sebagai tempat penyimpaan. Terkesan gagah dan keren. Dipasang dengan bracket sehingga kokoh dan stabil ketika motor digunakan berkendara. 

Dilihat dari pemasangannya, ada dua jenis box motor yang sering kali dipasang para biker.Yakni box di belakang dan di samping. Keduanya memiliki fungsi berbeda, meskipun secara umum sama-sama sebagai tempat penyimpanan barang para biker.

Box  di belakang motor cocok digunakan untuk biker yang ingin lebih aman saat bermanuver. Soalnya motor akan lebih mudah dikendalikan dan minim resiko. Secara umum, ukuran box  di bagian belakang  cukup besar dan bisa menampung banyak barang.

Sedangkan side box yang diletakkan di samping motor  membuat motor melaju kurang cepat dan kurang tepat karena akan menyulitkan ketika bermanuver.

Sebetulnya, apa fungsi lengkap dari penggunaan box  motor?  Benarkah ada plus dan minus yang bakal dihadapi biker justru ketika box sudah dipasang?

Plus dari Box Motor

Sangat bermanfaat sebagai tempat penyimpanan beragam barang dengan nyaman. Box berukuran 4L bisa menampung 1 helm full face, jas hujan, sarung tangan juga sepatu secara bersamaan.

Box motor sering kali dipasang  untuk memberi kesan lebih keren. Ini  tentu juga tergantung pada pemilihan sekaligus aksesoris penunjang lainya, seperti penggunaan wing rack maupun lampu.

Jika membawa boncengan di belakang, box  bisa jadi sandaran. Pemasangan box dengan bracket  sangat aman menahan beban.

Box motor yang diletakkan di belakang akan melindungi motor dari benturan. Apabila terjadi tabrakan, box yang lebih dahulu terkena dampaknya.

Motor dengan box akan susah  dicuri, karena ia  tidak bisa dikendarai dengan kecepatan penuh.

Minus Box Motor

Selain kelebihan, penggunaan box motor juga memiliki kelemahan yang  akan dirasakan  langsung oleh si pegendara justru ketika box sudah terpasang. Ini beberapa kelemahannya:

Tidak selalu bisa dapat parkir dengan cepat. Karenakan ukuran box yang besar terutama  box yang dipasangkan di samping atau side box, membuat ia butuh lebih banyak space.

Jika berboncengan, penumpang susah naik  ke atas motor, karena kaki  bakal terhalang box. Sebagai pengendara, harus duduk lebih maju agar penumpang mudah untuk naik.

Keseimbangan motor gampang terganggu. Misalya, ada angin kencang, motor akan goyang dan menjadi kurang stabil. Jika muncul angin kencang, sebaiknya melambatkan motor atau lebih baik menepi.

Sulit menyalip di saat kemacetan. Kalau memaksa, harus pintar mengukur jarak. Apalagi buat yang belum terbiasa, menyalip kendaraan bisa menjadi sangat sulit. Gunakan kaca spion untuk melihat kondisi belakang dan jangan terburu-buru ketika akan menyalip.

Box mudah lecet  gara-gara terserempet. Resiko ini  bakal sering dialami jika menggunakan box berukuran besar.

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Box Motor Top Box

Comment

User Comment

Your comment

Load More