Sering Dianggap Remeh, Namun Pentil Juga Komponen Penting Pada Motor

Publikasi: 3 hari 14 jam 10 menit yang lalu

Selama ini, knalpot dan mesin motor merupakan bagian yang paling sering diperhatikan karena dianggap vital. Tanpa kedua piranti tersebut, motor memang akan terganggu dan ada kemungkinan tidak bisa berjalan sama sekali. 

Hanya saja bagi pencinta modifikasi, body motor-lah yang dijadikan fokus utama. Mengubah cat bahkan bentuk jok dan juga stang sering dilakukan dengan alasan ingin tampil beda dari desain semula atau motor sejenis lainnya. Namun tahukah Anda kalau ada bagian motor yang sangat kecil dan jarang diperhatikan, namun cukup besar perannya. Ya, itulah pentil!

Mengenal Fungsi Pentil Motor

Ada banyak sekali fungsi dari bagian kecil ini. Yang pertama, pentil motor bertujuan untuk mencegah udara di dalam ban keluar. Meski kelihatannya udara tidak bergerak dan ban tidak kempes, namun jika pentil dibiarkan terbuka dan motor digunakan untuk berkendara, maka lambat laun tekanan udaranya pun akan berkurang. Hal ini menyebabkan ban sering kempes atau kurang angin. 

Selain itu, pentil motor juga berfungsi untuk mencegah debu dan kotoran masuk ke lubang pengisian angin. Jika lubang terisi kotoran, maka proses pengisian angin pun akan sulit dilakukan. Di musim hujan, pentil yang terbuka juga bisa menyebabkan air masuk dan menciptakan karat.

Tips Menjaga Kondisi Pentil Motor

Untuk menjaga kondisi pentil motor, pastikan Anda selalu memperhatikannya ketika mengisi angin. Jangan sampai pentil motor diletakkan sembarangan dan akhirnya hilang. Banyak orang yang kehilangan pentil motor dan membiarkannya begitu saja, sampai bagian ban mengalami masalah.

Selain itu, pentil motor juga harus dijauhkan dari api karena bisa meleleh dan terbakar. Berhati-hatilah juga saat melepas dan memasang pentil karena teksturnya yang ringkih membuat pentil motor rawan bengkok. Saat pentil motor sudah bengkok, jangan memasangnya dengan paksa karena justru bisa merusak ban.

Ketika pentil motor hilang atau kondisinya sudah tidak layak lagi, sebaiknya Anda segera mengganti dengan yang baru. Jangan biarkan motor kesayangan berjalan tanpa pentil karena bisa mempengaruhi performanya meski tidak langsung terlihat dan terasa. Ingat, ban merupakan salah satu bagian terpenting dari motor, sehingga pentil pun perlu dijaga kondisinya.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More