Sering Naik Motor Malam-malam, Perhatikan Hal Ini

Publikasi: 1 bulan 9 hari 13 jam 55 menit yang lalu

Punya gebetan yang rumahnya nun jauh di sana, bisa bikin kamu pulang dengan naik motor tengah malam setiap kali nge-date. Kamu ga sendirian, ada banyak pengendara yang juga pulang malam hari. Masalahnya, kamu ga pernah tahu, siapa saja yang baik dan siapa yang jahat, kan?

Untuk mencegah hal buruk terjadi, sebaiknya kamu melakukan hal-hal berikut ini, demi keselamatan sampai di tempat tujuanmu: kasur tercinta,

Tips naik motor secara aman di malam hari

Tidak ada yang berbau mistis dari tips berikut ini. Semuanya adalah hal-hal yang masuk akal, kok. Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan jika akan naik motor malam-malam.

1. Periksa kondisi motor:

Sebelum menggunakan motor kesayanganmu, periksa dulu kondisinya. Mulai dari jumlah bahan bakar yang masih tersedia di tangki, tekanan ban, serta rem motor.

a. Ketersediaan bensin:

Pastikan kamu punya cukup bensin untuk sampai kembalil ke rumah. Kamu ga mau dong, tengah malam dorong-dorong motor ke SPBU untuk isi bensin? Ada baiknya kamu mengisi bensin sebelum berkendara.

b. Tekanan ban:

Periksa tekanan ban dan pastikan angkanya sesuai standar. Misalnya, 29 pounds per square (psi) untuk ban depan dan 33 psi untuk ban belakang. Lihat juga permukaan ban. Jangan gunakan ban yang sudah botak alias tak beralur lagi.

c. Rem motor:

Pastikan rem motor masih pakem dan tidak blong. Sebab, tentu saja berbahaya jika kamu naik motor dengan rem blong.

2. Nyalakan lampu motor:

Lampu motor menjadi salah satu faktor penting waktu naik motor di malam hari. Oleh karena itu, pastikan lampu sein dan lampu tengah motor berfungsi dengan baik. Sebaiknya, kamu menggunakan lampu jenis light emitting diode alias LED untuk lampu tengah, karena lebih irit dan tahan lama dibandingkan lampu konvensional. Lampu jensi ini akan sangat membantu ketika kamu melalui jalan yang minim penerangan.

3. Gunakan helm dengan kaca bening

Pilihlah helm dengan kaca bening, yang bisa membantumu melihat kondisi jalan dengan lebih jelas. Yang penting, pakai helm dengan standar SNI, yang memang dirancang dengan mengacu pada standar keamanan nasional.

4. Pakai jaket:

Udara di malam hari cenderung dingin, berbeda dari yang kamu rasakan di siang hari. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memakai jaket setiap kali naik motor di malam hari. Tujuannya, agar tubuh menjadi hangat. Sebaiknya kamu memilih jaket dengan warna terang, agar mudah dilihat oleh pengendara maupun pengguna jalan lain di sekitarmu.

5. Cari rute alternatif:

Saat ini, kamu sudah bisa memanfaatkan berbagai aplikasi untuk memudahkan mencari jalur alternatif. Lebih baik kamu memilih rute yang cukup terang, demi keselamatan dan keamanan ya!

Selain lima langkah di atas, ada baiknya Anda juga “menghapalkan” posisi pos polisi, polsek, maupun polres terdekat. Begitu juga dengan klinik dan rumah sakit, sebagai antisipasi.

Referensi:

https://www.grid.id/read/041744221/pulang-malam-sering-naik-motor-perhatikan-hal-ini?page=all


Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Wahana Honda Emergency Dan Layanan Pelanggan (HELP) Naik Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More