Service Berkala Menghindar Masalah

Publikasi: 5 bulan 24 hari 14 jam 2 menit yang lalu

Merawat mesin motor  penting agar membuat performa motor tidak turun dan tidak muncul kendala saat dikendarai.

Nah, jika Servis motor tidak dilakukan secara berkala,  maka :

1. Akan terjadi penumpukan timbal pada ruang pembakaran injeksi atau karburator.  Ini dapat menyebabkan saluran bensin tersumbat sehingga akselerasi motor berkurang. 

2. Pergantian oli wajib dilakukan untuk melindungi dinding blok dari gesekan piston. Oli yang lama tidak diganti dapat menyebabkan pergerakan piston atau seher melambat sehingga tenaga motor berkurang. 

3. Saat pelumas oli sudah dalam kondisi tidak baik, seher akan bekerja lebih keras karna oli menjadi lebih kental dari biasanya. 

4. Saat piston bekerja lebih keras, maka dapat menimbulkan luka dan baret pada dinding blok seher yang dapat menyebabkan masuknya kotoran dari filter udara sehingga pembuangan gas menjadi hitam atau keruh.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat service motor. Servis tersebut mencakup pemeriksaan dan penggantian oli mesin, pembersihan debu halus, pemeriksaan kalistrikan dan sparepart pendukung, penyetelan karburator, celah klep dan celah busi yang jika sudah tidak memungkinkan, maka sebaiknya diganti dengan yang baru. 

Tidak hanya dari luar, pengecekan dan pembersihan juga dilakukan pada saluran udara dan ruang bakar.  Sisanya, cukup menyetal aki, tekanan 

Banyak keuntungan yang bisa didapat dengan service motor secara berkala. Selain menjaga kesehatan mesin motor, Anda juga turut meminimalisir produksi polusi udara. 

Servis motor dilakukan minimal dua sampai tiga bulan jika pemakaian sehari-hari atau pemakaian 2000 km. Servis motor bisa dilakukan di bengkel resmi sesuai pabrikan motor maupun di bengkel biasa. 

Label : Service Motor Cari Aman Tips Motor Honda #hondacare

Comment

User Comment

Your comment

Load More