Service CVT Perlukah?

Publikasi: 1 tahun 11 bulan 3 hari 4 jam 14 menit yang lalu

Sepeda motor matik umumnya menggunakan sistem transmisi Continuous Variable Transmission (CVT). Ini  merupakan salah satu ‘nyawa’ dari mesin matic. Sebab di dalam box besar pada bagian kiri bawah motor, terdapatI sejumlah komponen penting dari mulai kampas ganda, v-belt, roller, dan lainnya.

Komponen tersebut penting mendapatkan servis secara rutin. Sebagian orang berpikir perawatan motor matik yang terpenting adalah mengganti oli mesin dan oli transmisi. 

Itu memang benar, tapi masih ada lagi yang perlu dilakukan. Pemilik motor matik juga harus melakukan perawatan rutin pada CVT.  Kenapa?

Sebab komponen ini memiliki fungsi vital, sebagai alat penggerak otomatis pada motor matik. Jadi, tidak perlu memindahkan gigi atau persneling. 

Perawatan CVT motor matik secara rutin menjadi sangat penting, agar motor berfungsi dengan baik. CVT sesungguhnya harus bebas debu, oli, dan air. Jika tidak, akan mengakibatkan licin dan berbunyi serta menghambat laju kendaraan, putaran mesin tidak bisa diteruskan ke roda belakang akibatnya akselerasi tenaga akan hilang.

Pada CVT terdapat filter atau saringan yang perlu diperhatikan kondisinya. Filter CVT ini di musim hujan bakal terkena air hujan dan di musim kemarau akan berdebu. Makanya, pemeriksaan dan pembersihan filter CVT  perlu dilakukan di setiap 1.000 km. Servis  ini  untuk memeriksa dan membersihkan komponen CVT agar akselerasi lebih halus. 

Pada beberapa bagian CVT juga membutuhkan pelumasan, dan perlu diberikan grease atau gemuk untuk meminimalisir gesekan berlebih. Dan pada  jika motor mencapai 24.000 km atau 25.000 km, sangat disarankan untuk mengganti V-belt. Komponen ini yang meneruskan tenaga yang dihasikan mesin ke roda. 

Agar performa CVT lebih optimal, perlu diganti satu set dengan CVT Kit. Paket ini terdiri dari V-belt, Roller, dan Grease atau gemuk. Pengecekan pada V-belt sangat penting dilakukan. Sebab, komponen ini pada matic seperti rantainya motor. Jika retak,  bisa berakibat fatal. Dan bisa putus di tengah jalan.  Jika motor matic jalannya sudah bergetar pada tarikan awal, harus segera dicek bagian V-belt

Selain itu  hal-hal detail wajib dicek  adalah soal Grease alias gemuk. Itu paling fatal. Kalau gemuk sudah kering, bisa membuat motor rusak, gantinya pasti  malah menjadi mahal.

Service Motor Cari Aman Safety Riding Servis Motor CVT Motor

Berita Terkait