Setelah Overhaul, Motor Harus Ganti Oli Lebih Banyak?

Publikasi: 23 hari 12 jam 28 menit yang lalu

Ada yang bilang, motor harus ganti oli lebih banyak setelah turun mesin alias overhaul. Bener ga sih, kayak gini? Sebelum cari jawabannya, kita bahas sedikit ya, soal overhaul. Motor harus turun mesin kalau ada komponen yang sudah aus atau butuh diremajakan. 

Bagaimana cara melakukan proses ini? Benar-benar seperti istilahnya, mesin motor harus dicopot dan diturunkan untuk diperiksa maupun dibongkar secara menyeluruh. Nah otomatis waktu mesin ini dibongkar, oli motor bakal ikut keluar semua. 

Jadi, Bener Ga Mesti Ganti Oli Lebih Banyak Sehabis Turun Mesin?

Selanjutnya, komponen-komponen mesin tadi dibersihkan dan dipasang ulang sesuai pengaturan dari pabriknya. Dalam kondisi ini, biasanya ga ada lagi oli yang tersisa. Kalaupun masih ada, paling hanya setetes atau dua tetes. Memang benar-benar sedikit.

Jadi setelah motor turun mesin, oli yang diperlukan lebih banyak daripada proses ganti oli atau tune up biasanya. Biasanya, motor membutuhkan oli sebanyak 100-500 mL setelah overhaul, tergantung dari jenis motornya.

Tips Memilih Oli yang Cocok

Memilih oli juga ga bisa dilakukan sembarangan. Berikut ini tips yang penting untuk Anda ikuti waktu memilih oli untuk motor kesayangan.

1. Cek SAE 

Pilihlah oli motor dengan tingkat kekentalan yang sesuai, bisa dilihat pada angka di belakang kemasan oli. Namun untuk motor senior atau yang berusia 5 tahun ke atas maupun sudah menempuh jarak 100.000 km, carilah oli yang lebih kental. Sebab biasanya pada kondisi ini, celah sudah lebih longgar, sehingga membutuhkan oli yang juga lebih kental.

2. Lihat API

Cari oli motor dengan API atau kode mutu sesuai standar, atau bahkan lebih tinggi. Sebenarnya, kode standar ini merujuk pada kebijakan produsen motor pada teknologi mesin yang digunakan. 

3. Cari JASO yang sesuai

JASO ini menunjukkan standar kopling pada motor. Ada JASO MA dan JASO MB. JASO MA diperuntukkan kopling basah, biasanya itu buat motor bebek maupun motor sport. Sementara itu, JASO MB jadi jatahnya skutik yang memang punya kopling kering. 

Soal turun mesin dan ganti oli tadi, jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan saldo Anda, ya!

Referensi:

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Wahanahonda Oli Motor Pentingnya Oli Mesin Wahana Explore Exhibition

Comment

User Comment

Your comment

Load More