Setiap Habis Lebaran, Motor Rindu Untuk Diservice

Publikasi: 26 hari 2 jam 13 menit yang lalu

Bagi mereka yang menggunakan sepeda motor untuk  mudik, tentu motor Anda telah menempuh jarak puluhan bahkan ratusan kilometer untuk sampai ke kampung halaman.

Kondisi ini  membuat motor perlu kembali diservice, agar performa  tetap optimal dan menjaga Anda sebagai pengendara  tetap aman dan selamat  selama dalam perjalanan 

Bagian mana dari motor yang wajib diperhatikan, terutama setelah dipakai  dalam perjalanan Panjang mudik lebaran? Coba simak di bawah ini

Kebersihan Motor

Langsung mencuci  dan membilas bersih motor adalah tindakan tepat, agar menghindari kerak yang menempel pada sepeda motor.

Ganti oli

Setiap  jarak 4.000 km atau sesuai dengan jadwal yang ada pada buku service, oli wajib diganti. Untuk motor matik, oli gear atau transmisi juga harus dicek. Masa penggantian oli matik sesungguhnya terjadwal setiap 8.000 km per 2 tahun.

Busi

Sesungguhnya bagian ini mesti diganti setiap 8.000 km. Tapi  tetap perlu perhatikan,  untuk berjaga-jaga agar aman dan selamat  dalam perjalanan

Rem 

Bila kampas rem habis atau menipis ganti dengan yang baru. Jika kondisi masih bagus, yang penting adalah  wajib dibersihkan dari kotoran atau pasir yang dapat menghambat pengereman.

Filter Udara

Biasanya, setelah perjalanan jauh banyak kotoran atau debu yang menempel pada filter udara. Ganti dengan yang baru jika sudah waktunya atau rata-rata setiap 12.000 km.

Ban Motor

Cek kondisi ban setiap penggunaan 4.000 km. Isi ban motor dengan angin sesuai anjuran pabrikan. 

Gear Sprocket dan Rantai Motor

Untuk motor transmisi manual cek kondisi gear dan rantai motor. Rantai yang terlalu kendor atau kencang dapat merusak beberapa sistem gear serta membahayakan.

Label : Mudik Lebaran Service Motor Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Servis Motor Lebaran

Comment

User Comment

Your comment

Load More