Standar Samping Bikin Motor Kejeblos? Ini Solusinya

Publikasi: 4 bulan 12 hari 11 jam 36 menit yang lalu

Pernah panik gara-gara motor Anda kejeblos waktu diparkir pakai standar samping? Tenang, Anda bukan satu-satunya yang pernah mengalami kondisi ini. Selain bikin malu, insiden ini pasti bikin repot, apalagi kalau motor sampai jatuh.

Sebenarnya, bisa lho Anda tetap menggunakan standar samping untuk motor, dengan tetap aman. Asal melakukan tips ini, Anda tidak perlu sering-sering mengecek tempat parkir untuk memastikan motor tetap terparkir dengan baik.

Tips Aman Pakai Standar Samping untuk Motor

Nah, ada nih, tips agar Anda tetap bisa memakai standar samping buat motor dengan tetap aman. Namun beberapa langkah ini memang ‘agak PR’, untuk tujuan yang sebanding tentunya. Yuk, intip tipsnya.

1. Ganti shock breaker

Tips pertama untuk melepas rasa was-was dengan standar samping adalah dengan mengganti shock breaker motor dengan yan glebih tinggi. Jadi akhirnya, standar samping pun lebih tegak.

2. Ganti ban

Dengan tujuan yang sama seperti tips pertama, Anda sebaiknya mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar. Dengan begini, risiko motor terjatuh ketika diparkir dengan standar samping pun bisa berkurang.

3. Pasang kickstand shoe

Selain itu, pasanglah kickstand shoe sebagai alas tambahan. Pemasangan alas tambahan ini berfungsi untuk mendistribusikan berat motor secara lebih menyebar. Oleh karena itu, motor tetap aman meski ditopang standar samping. Soalnya, tapak standar samping menjadi lebih lebar sekaligus semakin kokoh untuk menopang berat motor.

Meski ada ‘resep’ aman untuk memarkirkan motor dengan standar samping, ada baiknya untuk memakai standar tengah. Lho, kenapa memangnya?

Standar Tengah Lebih Aman

Memarkir motor memakai standar samping akan berdampak pada suspense bagian kiri semakin berat. Alhasil, shock breaker akhirnya cepat rusak karena cenderung ke satu sisi. Belum lagi kalau waktu diparkir dengan standar samping, motor juga diduduki.

Selain itu, ban juga akan mengalami penurunan kualitas, apabila Anda sering menggunakan standar samping waktu motor diparkir. Soalnya, baik itu ban depan maupun ban belakang, akan condong ke satu sisi ketika menahan beban berlebih. Ban pun jadi cepat gundul.

Oleh karena itu, sebisa mungkin, sebaiknya Anda memakai standar tengah ketika memarkir motor. Sudah tahu dong ya, alasannya?

Referensi

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More