Suhu Panas Lebih Cepat Memancing Emosi Pengendara Motor

Publikasi: 8 bulan 22 hari 9 jam 49 menit yang lalu

Hati-hati! Suhu panas ekstrem tengah melanda negara-negara  di kawasan Asia. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hal ini terjadi karena gelombang panas atau heatwave tengah melanda Asia.

Di tanah Air  sendiri tidak terhindar dari suhu maksimum udara permukaan yang juga tergolong panas. BMKG Wilayah II pun mencatat rekor suhu maksimum harian tertinggi 37,2 derajat celcius pada 17 April 2023. Dan pada 9 Juni lalu,  tercatat suhu ibu kota Jakarta mencapai 33 derajat celcius.

Panas yang Memancing Emosi

Nah, berkendara sepeda motor di bawah terik matahari memang sudah menjadi hal lumrah bagi warga ibu kota dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. 

Para pengendara motor cenderung  ingin lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Di samping itu suhu panas  matahari yang menyengat kerap lebih cepat memancing emosi pengguna jalan tak terbendung.

Saat berkendara di kala suhu udara sedang tinggi, pengendara diharapkan bisa lebih mengontrol emosi. Sekaligus tidak sembarangan meluapkan kekesalan kepada pengguna jalan lain.

Di satu sisi, sebaiknya para pengendara mobil bisa lebih mengalah kepada pengguna motor, karena berkendara menggunakan mobil jelas lebih nyaman daripada harus panas-panasan menggunakan motor.

Di tengah cuaca panas, pengendara mobil mungkin merasa lebih nyaman karena rata-rata ber AC. Sehingga lebih mudah mengatur kecepatan dan jarak untuk memberi ruang prioritas bagi pengendara motor.

Tetapi di sisi lain, pengendara motor  juga harus tetap lebih tenang dan sabar dalam berkendara, ini diperlukan akan kesan berkendara tetap aman dan nyaman.

Banyak pengendara motor yang tancap gas untuk segera tiba, sehingga lupa atau malas ngerem ketika ada rintangan. Akhirnya ini menimbulkan potensi besar akan terjadinya tabrak belakang atau nyerempet.

Seluruh pengguna jalan,  baik motor maupun mobil harus bisa mengontrol emosinya ketika sedang berkendara.

Penting bagi  seluruh  pengguna jalan, mengatur waktuperjalanan dan jangan ragu berhenti ketika memang sudah letih. Biasa emosi  bisa tak terkontrol  ketika pengendara merasa lelah dan tidak relax.

Demi nyamannya perjalanan di tengah suhu panas yang menyengat, tentu  perlu persiapan kendaraan yang nyaman dan tidak rewel. Jangan lupa rawat dan periksa motor berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan  pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Cari Aman Safety Riding Berkendara Aman

Berita Terkait