Tahukah Kamu? Usia Pakai Kabel Kelistrikan Di Motor Cuma 7 Tahun

Publikasi: 6 bulan 14 hari 7 jam 39 menit yang lalu

Umum terjadi, masalah sistem kelistrikan pada kendaraan bermotor, tidak tutin dicek seperti mengecek komponen mesin. Tapi  seperti diketahui umum biasanya sistem kelistrikan  kalau sudah ngadat, maka  dipastikan akan muncul pusing  di kepala. Terlebih buat mereka yang tidak menyukai mengutak-atik motor. 

Makanya, sekali-kali  komponen kelistrikan ini  perlu dicek. Terlebih untuk motor  yang cenderung sudah berumur. Pengecekan menjadi wajib hukumnya.

Sebab sistem kelistrikan pada motor memiliki peran penting pada banyak komponen seperti pada sistem penerangan, pengapian di ruang bakar, pengisian aki, hingga  juga membunyikan klakson.

Dan sistem kelistrikan pada di motor membutuhkan perangkat kabel untuk mendukung kinerja. Rangkaian kabel  sendiri memiliki beragam warna untuk menandai antar jalur kelistrikannya. Misalkan kabel warna orange itu untuk lampu sein kiri dan warna biru buat lampu utama. 

Dan sesungguhnya kabel di motor memiliki batas usia pemakaian sekitar 7 tahunan. Dan ini juga tergantung  pada kualitas kabel itu sendiri. Untuk mengetahui kondisi kabel sudah mencapai batas masa pakainya, bisa dicek dengan cara sederhana:

  • Kupas satu kabel, jika serabut kabel masih  belum gosong atau getas, tandanya masih bagus
  • Kondisi kabel yang serabutnya sudah hangus ataupun getas, tentunya tidak akan bisa mengalirkan arus secara maksimal.

Selain sistem perkabelan, motor yang sudah memasuki umur di atas 5 tahun, biasanya mulai timbul beberapa masalah di soket-soket  kabel bodi. 

Kabel kelistrikan membutuhkan komponen soket untuk menyambung kabel, agar mudah dilepas dan dipasang kembali. Kondisi soket yang sambungannya longgar akan menyebabkan antar kabel menempel dan bisa membuat hubungan arus pendek.

Nah, jika kondisi ini terus dibiarkan, lama kelamaan soketnya akan gosong.  Karena itu, untuk merawat  kabel kelistrikan  ini perlu sesekali dilakukan pengecekan kondisi kabel-kabel dan soket. Caranya cukup dengan mengoyangkannya. Kemudian perhatikan ikatan konektor. Jika soket terasa kendur, rapatkan  dengan menggunakan obeng kecil agar jepitannya makin rapat.

Jika  merasa ragu dan tidak terlalu pandai  melakukan pengecekan pada kabel.  Tidak perlu khawatir, rawat  minta tenaga ahli untuk menanganinya.  Karena itu bisa kunjungi bengkel AHASS terdekat, sekaligus  lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare Kabel Kelistrikan Kabel Listrik Motor

Berita Terkait