Tanda-tanda Oli Gardan Motor Matic Habis, No 1 Sering Diabaikan

Publikasi: 3 bulan 11 hari 12 jam 48 menit yang lalu

Jika tanpa kamu sadari oli gardan motor matic habis,  maka ini jelas  akan membuat kinerja bagian transmisi kendaraan seperti gear dan bearing tidak bisa bekerja secara optimal. Biasanya  kalau sudah begini, akan langsung  muncul suara bising yang sangat mengganggu dari area box CVT. 

Pelumas tambahan yang disebut dengan oli gardan atau oli transmisi matic  segera dibutuhkan oleh kendaraan berkopling kering yang bertugas untuk melumasi khusus bagian transmisi matic. 

Berbeda dengan motor manual yang hanya membutuhkan oli mesin, pada kendaraan matic terdapat oli gardan yang juga harus secara rutin diganti. Interval penggantiannya memang lebih lama jika dibandingkan dengan oli mesin. Munculnya suara bising ini dikarenakan fungsi oli gardan sebagai penggerak transmisi otomatis sudah tidak kental atau mulai terlihat encer. 

Saat daya lumas oli gardan berkurang, secara otomatis gesekan yang terjadi antar komponen transmisi di dalam box gardan tidak terlumasi dengan baik. Gesekan antar komponen gear inilah yang akhirnya memunculkan suara bising. 

Selain bikin suara motor jadi bising,  ada beberapa hal lain yang menjadi ciri  kalau oli gardan harus segera diganti. 

1. Motor Bergetar Mendadak  

Tiba-tiba motor  terasa bergetar di bagian bodi dan stang motor.  Kondisi  ini terjadi karena aktivitas pelumasan yang tidak berjalan secara sempurna. Akibatnya, pada saat melewati jalanan tertentu, motor matic Anda akan terasa bergetar. Untuk memastikan, cobalah mengendarai motor matic di jalanan menurun. 

Tidak hanya itu saja, kendaraan matic  juga bisa mengeluarkan suara kasar saat dikendarai, terutama ketika dipacu dengan kecepatan tinggi. Jika hal ini terjadi, segera cek level oli gardan motor matic . Jika perlu, isi kembali atau ganti oli gardan dengan yang baru. 

Keberadaan oli gardan ini sangat penting untuk menjaga performa transmisi dan berbagai komponen gardan yang ada pada kendaraan berkopling kering. Jadi, wajar apabila oli gardan sampai kehabisan bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin. 

2.  Performa Menurun 

Sangat terasa performa kendaraan terasa kian menurun. Misalnya, akselerasi yang berjalan lambat atau kecepatan maksimum yang semakin terbatas. 

Jika  motor maticmu mengeluarkan suara bising, segera bawa ke bengkel AHASS  terdekat untuk dilakukan penggantian oli gardan. Sebaiknya tetap merawat motor secara rutin. Jadwalkan perawatan di bengkel AHASS. Lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS  agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal.Artinya

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.*

Service Motor Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Servis Motor #hondacare CVT Motor Oli Gardan

Berita Terkait