Teknik Aman Berkendara Sepeda Motor Ala Bule

Publikasi: 1 tahun 7 bulan 17 hari 16 jam 36 menit yang lalu

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang sangat digemari di Indonesia. Secara garis besar hampir setiap 5 orang di Indonesia memiliki satu kendaraan sepeda motor, yang berarti sepeda motor merupakan alat transportasi utama. Hal ini menjadikan keamanan dalam berkendara sepeda motor haruslah ditingkatkan. Dengan mengenalkan keamanan berkendara sepeda motor sejak dini, kita menjadi lebih nyaman berkendara setiap harinya. 

Beberapa orang luar negeri menjunjung tinggi keamanan dalam berkendara, terutama sepeda motor. Mereka selalu memberikan berbagai cara dan tips aman berkendara yang menurut mereka sangat efektif untuk mengurangi angka kecelakaan yang ada melibatkan kendaraan roda dua. Kamu harus tahu bahwa salah satu tips aman berkendara aman yang bernama SIPDE. SIPDE merupakan singkatan dari Scan, Identify, Predict, Decide, Execute.

Nah sebelum berkendara ada baiknya kita menerapkan sistem ini untuk menambah keamanan berkendara kita. 

SCAN

Scan dalam bahasa Indonesia bisa berarti memeriksa, dan juga mengamati. Nah tahap ini berarti kita memeriksa kendaraan yang akan kita gunakan. Mulai dari kondisi mesin, kelistrikan, pengereman, pelumasan, dan lain – lain. Pemeriksaan ini sangat penting karena dengan kondisi sepeda motor prima kita akan menjadi lebih aman dalam berkendara sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan juga orang lain disekitar kita. 

Lakukan pemeriksaan kendaraan terutama saat akan melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor. Dengan memeriksa kondisi kendaraan kita menjadi lebih tenang dalam berkendara.

Indentify

Indentify dalam bahasa Indonesia berarti mengenali, identifikasi, melihat lebih jauh. Dengan mengidentifikasi kita bisa menjadi lebih waspada. Apa yang perlu di indentifikasi? Medan yang akan kita lalui sebaiknya wajibnya kita pelajari. Jaman sekarang sudah sangat canggih terdapat teknologi yang membantu kita mengetahui kondisi medan yang akan kita lalui. Jika bepergian di dalam kota, lihat terlebih dahuli apakah kondisi jalan macet, atau ramai.

Untuk bepergian jauh tentunya kita harus mengetahui kondisi jalan, medan jalan apakah berat atau tidak, apakah ada tempat beristirahat atau transit. Persiapan inilah yang harus kita lakukan agar kita lebih aman dalam berkendara. Selain itu kenali juga kondisi fisik diri, agar lebih sehat dalam berkendara.

Predict

Selanjutnya adalah Predict. Secara harafiah arti kata Predict adalah meramalkan, menelaah. Dengan melakukan prediksi kita bisa menggunakan teknik ini sebagai teknik aman berkendara. Sebagai contoh adalah prediksi cuaca, dan juga kondisi jalan, kemudian prediksi lama perjalanan khusus perjalanan jauh. Hal ini akan membuat persiapan kita menjadi lebih matang, karena kita akan membawa peralatan yang lebih lagi seperti jas hujan, atau jaket yang waterproof.

Decide

Nah, ini merupakan urutan penting yang bisa kamu ambil. Di fase Decide ini kamu akan memutuskan rute yang diambil, peralatan yang dibawa, dan semua keputusan yang akan menentukan perjalanan sepeda motor kamu. Di dalam fase ini kamu bisa saja memutuskan untuk membatalkan perjalanan menggunakan sepeda motor jika medan yang dilalui terlalu ekstrem. Atau kamu bisa memutuskan untuk membawa peralatan untuk menghadapi medan – medan yang akan kamu lalui. 

Decide merupakan sebuah pengambilan keputusan sebelum berkendara jadi, kamu harus memperhatikan dan mempertimbangkan faktor yang sudah disebutkan di atas, mulai dari kondisi mesin, kondisi medan, dan semua kondisi yang berkaitan dengan perjalanan. 

Execute

Langkah terakhir Execute yang secara harafiah memiliki arti eksekusi. Eksekusi yang dimaksudkan disini adalah melakukan apa yang sudah direncanakan sesuai dengan rencana. Beberapa persiapan yang sudah bro semua lakukan harus di-eksekusi mulai dari jika terjadi kerusakan saat pemeriksaan kendaraan maka harus diperbaiki. 

Kemudian permasalahan lainnya yang juga bisa di-eksekusi dengan baik di fase ini. Walaupun kita sudah merencanakannya tapi dalam eksekusi kita tetap bisa secara fleksibel untuk menjalankan rencana sesuai dengan kebutuhan yang ada. 

Nah, jadi ini dia yang merupakan sebuah teknik aman berkendara sepeda motor yang disebut dengan SIPDE, yang sering digunakan oleh para pengendara motor di luar negeri.  Bro semua bisa menerapkan teknik ini di Indonesia juga kok agar keamanan berkendara lebih bisa diterapkan sehingga bisa mengurangi kecelakaan yang terjadi di jalan raya. 

Dengan memperkenalkan teknik ini kepada orang yang lebih muda juga merupakan sebuah langkah bagus dalam mengedukasi orang – orang akan pentingnya keselamatan berkendara. Jadi jangan ragu untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat untuk orang banyak. Selamat mencoba bro!

Label : Motor Matic Terbaru Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More