Tidak Perlu Panik, Begini Tips Menghadapi Kendaraan Tercinta Tiba-tiba Mogok

Publikasi: 1 tahun 8 bulan 28 hari 17 jam 18 menit yang lalu

Kalau dikategorikan dalam sebuah level kejadian tidak mengenakan saat berkendara, tentu mogok masuk level yang teratas. Bisa dikatakan mendekati tragedi jalanan seperti kecelakaan. Apalagi saat kejadian itu kita sedang membutuhkan motor untuk hadiri acara, pastinya menjadi hal sangat tidak mengenakan. Ada banyak hal yang membuat kendaraan alami mogok tiba-tiba. Mulai dari kehabisan bahan bakar sampai komponen dalam kuda besi mengalami kerusakan.

Nah, masih berbicara tentang hal tersebut, mogok juga menjadi problem yang kerap datang secara tiba-tiba. Mereka malah tidak pernah mentolerir kondisi bikers sedang bagiamana. Seperti halnya di film-film FTV mogok acap kali terjadi saat kita sedang diburu waktu. Melihat dampaknya yang tidak bisa dianggap sebelah mata, berikut penulis mempunyai beberapa tips menghadapi kuda besi yang tiba-tiba ‘ngambek’.

Tidak perlu panik saat motor tiba-tiba mogok

Langkah pertama bisa dilakukan bikers ketika alami motor mogok tiba-tiba adalah tidak panik. Hal perlu dilakukan supanya penanganan permasalahan ini bisa diselesaikan dengan baik. Selain itu dengan tenang, juga akan membuat pikiran lebih jernih. Manfaatnya, tentu membuat kita bisa mengambil langkah tepat untuk menghadapi kondisi motor mogok. 

Entah itu, mencoba diperbaiki sendiri atau mengambil keputusan dibawa ke bengkel untuk diservis. Tidak berhenti disitu, dengan tidak panik juga membuat kita terhindar dari bahaya lebih parah atau merugikan pengendara lain, semisal kalau mogoknya ketika kendaraan tengah berpacu kencang dengan pengendara lain. 

Lihat beberapa komponen motor ini 

Selain hal tadi beberapa komponen di kendaraan juga bisa langsung kalian tuju saat motor alami mogok secara mendadak. Dari penelusuran yang dilakukan oleh penulis ada empat bagian kuda besi bisa langsung dicek ketika alami musibah tersebut. Pertama adalah cek bahan bakar masih ada atau tidak, hal ini ditujukan untuk kendaraan yang spedometernya kebetulan mati.

Kedua bisa dilihat dari jalur suplai bahan bakar. Sebab, bisa jadi mogok disebabkan oleh aliran bahan bakar tersumbat, apakah karena kualitas bahan bakar atau kotoran dari karat. Lalu ketiga cek kabel busi, bagaimana kelistrikannya ada atau tidak. Pasalnya, bagian tersebut mempunyai fungsi menghantarkan aliran listrik dari koil ke busi agar diubah menjadi bunga api oleh busi. Dan terakhir adalah pengecekan pada bagian busi itu sendiri, apakah sudah uzur atau aus dan perlu diganti.

Jangan sampai membongkar kendaraan dengan gegabah

Harus mendorong kendaraan ke bengkel, tentu menjadi hal yang berat. Apalagi posisi mogok kendaraan roda dua kita jauh dari tempat tempat tersebut. Meski demikian, mengatasi kendaraan mogok tanpa keahlian khusus pastinya akan lebih besar resikonya. Pasalnya, berpotensi memperparah dan menambah permasalahan pada kendaraan.

Oleh sebab itu dari pada mencoba mengatasi sendiri, penulis sarankan untuk membawanya ke bengkel meski harus keluar tenaga lebih untuk mendorong. Kecuali seperti telah disinggung tadi, kalian memang mempunyai keahlian untuk memperbaikinya. Semisal ada teman bisa dimintai pertolongan untuk kasus ini, akan sangat baik untuk mengatasi kendaraan yang mogok secara tiba-tiba.

Itulah tadi sejumlah tips bisa digunakan untuk menghadapi kendaraan roda yang tiba-tiba mogok di jalan. Umumnya, permasalahan tersebut menimpa motor yang kerap lalai melakukan service rutin. Atau juga bisa menimpa kendaraan yang tidak sehat atau sudah masuk usia tua, tapi dipaksakan untuk menempuh jarak yang jauh. 

Label : Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More