Tips Berhenti Aman Bila Mendadak Hujan

Publikasi: 20 hari 7 jam 55 menit yang lalu

Banyak ahli cuaca menyebut, kondisi cuaca di Indonesia sering tidak menentu,   sebentar panas, namun  bisa mendadak  awan  berubah jadi gelap dan  langsung turunlah hujan dengan sangat lebat, adang tidak jarang disertai petir.

Bagi pengendara motor,  kondisi begini jadi serba salah.  Dan yang pasti perlu mencermati cara berhenti aman, bila sedang berkendara mendadak  hujan turun.

Bagaimana supaya berhenti dengan aman?

Hindari Kolong Jembatan 

Telah menjadi tradisi umum, setiap pengendara langsung berteduh di bawah  jembatan.   Ini dilakukan serentak.  Seolah tidak peduli dengan kendaraan lain yang jadi terhalang karena mendadak di bawah jembatan terjadi penumpukan parkir liar kendaraan bermotor  roda dua, sehingga menimbulkan kemacetan panjang yang parah.

Berteduh di Rumah Tuhan 

Kalau  numpang parkir ke mall terasa  tiket parkirnya mahal,   ada baiknya   jika sempat  dan masih  ada waktu luang, cari masjid, gereja atau kuil. Mampir  parkir di tempat ini,   biayanya dipastikan cenderung lebih  murah

Waspada Saat 30 Menit Pertama

Perlu diketahui bahwa hujan yang baru turun  membuat jalanan menjadi sangat licin. Tingkat kelicinannya pun berbeda dengan jalan yang sudah lama basah karena hujan.

Ini disebabkan oleh jalanan yang tadinya  kering  berubah menjadi basah. Selain itu, ini juga disebabkan oleh lumpur dan minyak yang tadinya sudah mengering, akhirnya terkena air hujan. Hal ini membuat lapisan jalan menjadi sangat licin.

Akibatnya, kadang  pengendara  motor  mengalami kesulitan dalam  mengontrol  kendaraan. 

Hal ini biasanya terjadi sekitar 30 menit pertama terhitung sejak hujan mulai turun. Oleh karena itu, pada waktu ini Anda harus lebih waspada dan melaju kendaraan dengan sangat hati-hati.

Jangan Menerjang  Genangan

Misalnya, hujan sudah reda, namun  ternyata di ruas tertentu masih  terlihat genangan air. Jangan menerjang  air dengan menyalakan mesin,   ini  bisa mengakibatkan kendaraan mogok terjebak banjir

Karena air dapat masiuk masuk ke saluran pembuangan gas kendaraa.  Sebaiknya  jangan menghidupkan mesin  motor kembali. Lebih baik  kendaraan didorong ke tempat yang aman, karena dikhawatirkan dapat terjadi korsleting. 

Di samping itu, besar kemungkinan dalam genangan tersebut terdapat lubang yang bisa membuat celaka. Sebaiknya  selalu waspada dan hati-hati.

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Tips Saat Hujan Musim Hujan

Comment

User Comment

Your comment

Load More