Tips Berkendara Jauh Dengan Sepeda Motor Di Malam Hari

Publikasi: 2 tahun 1 bulan 20 hari 16 jam 56 menit yang lalu

Melakukan perjalanan jauh memang sangat melelahkan, perjalanan jauh yang ditempuh menggunakan kendaraan umum seperti bus, kereta, pesawat saja sangat melelahkan apalagi dengan kendaraan pribadi terlebih sepeda motor. Jika kita berkendara jarak jauh dengan menggunakan sepeda motor, pasti terkadang kita melakukan sebuah perjalanan malam hari. Sebagai contoh kamu berkendara dari Jakarta hingga pulau Bali, tentu kamu akan melewati malam hari, tidak mungkin akan sampai di tempat dalam sekejap mata.

Berkendara di malam hari memiliki tantangan tersendiri yang tidak kita temui saat berkendara di siang hari. Malam hari memang cenderung sepi dan memiliki cuaca yang tidak sepanas saat melakukan perjalanan di siang hari, tapi kamu harus lebih waspada di malam hari karena jalannya yang tidak terlihat akan menjadi salah satu faktor penghambat perjalananmu.

Berkendara di malam hari dalam perjalanan jarak jauh memang tidak disarankan, namun terkadang kita juga ingin menikmati keindahan sebuah tempat di malam hari. Berikut ini merupakan tips berkendara aman dan nyaman di malam hari yang bisa kalian lihat agar lebih aman dalam berkendara.

1. Cek Kondisi Lampu Sepeda Motor

Lampu sepeda motor merupakan sebuah komponen penting dari sebuah sepeda motor. Jika peraturan lalu lintas sekarang wajib menghidupkan lampu utama di siang hari, tentunya lampu juga memiliki peranan penting untuk perjalanan malam hari. Dalam keadaan gelap yang minim penerangan jalan, lampu sepeda motormu menjadikan satu satu nya sumber cahaya yang berguna untuk melihat kondisi jalan. Lampu sepeda motor yang berfungsi baik akan membantu kamu dalam melewati gelapnya malam.

2. Tetap Waspada Dan Tetap Menjaga Konsesntrasi

Yang paling disukai pengendara motor dan para petouring dari jalan malam adalah kondisi trafik atau lalu lintas yang relatif sepi. Tidak seperti di siang hari, malam hari kamu akan jarang menemui berbagai tempat yang macet. Dengan begitu perjalanan kamu jadi lebih cepat dan juga kamu bisa santai dalam perjalanan. Nah, tapi ada beberapa resiko juga yang bakal kamu hadapi diantaranya adalah tingkat kewaspadaanmu menurun.

“Jalanannya sepi, ayo gas santai aja” begitulah kira – kira, kita mengira dengan keadaan jalan sepi malah bisa santai padahal disaat jalanan menjadi sepi seharusnya kewaspadaan kita meningkat dan tetap konsentrasi.

3. Tetap Gunakan Perlengkapan Safety Riding

Satu lagi kelalaian dari pengendara motor yang berjalan di malam hari adalah perlengkapan safety riding. Dengan kondisi jalanan yang sepi, tidak ada polisi lalu lintas kita beranggapan bahwa perlengkapan safety riding dibutuhkan. Hal ini merupakan kesalahan terbesar, karena kapanpun dan dimanapun kita mengendarai motor kita harusnya tetap mengendarai sepeda motor dengan perlengkapan safety riding untuk membantu mengurangi angka kecelakaan yang sering terjadi.

4. Perhatikan Kondisi Fisik

Karena suasana yang sepi dan lebih luang dalam hal arus lalu lintas kita sering lupa untuk beristirahat atau memaksakan diri agar bisa sampai ke tempat tujuan dengan lebih cepat. Jika merasa lelah sempatkan untuk beristirahat, berkendara sepeda motor dalam keadaan ngantuk dan lelah akan sangat berbahaya terlebih di malam hari.

Ada baiknya memilih tempat untuk beristirahat atau rest area yang memiliki tempat yang cukup ramai dan terdapat banyak orang untuk berjaga – jaga karena malam hari rawan terhadap tindak kejahatan. Setelah istirahat sejenak dan merasa sudah fresh bolehlah kalian melanjutkan perjalanan. 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Wms Honda Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More