Tips Berkendara Khusus Cewek

Publikasi: 3 bulan 17 hari 20 jam 55 menit yang lalu

Sering disebutkan, pengendara motor wanita cenderung mengalami risiko yang lebih besar dibanding pria.  Hal ini disebabkan karena lady biker selalu berkendara lebih pelan, dan sangat lamban dalam merespon yang terjadi di jalan raya.

Cara dan posisi Cewek dalam membawakan motornya pun dituding  kelewat santai. Belum lagi kebanyakan lady biker  tetap ingin terlihat gaya dan  cantik, dan mereka kadang nekad  mengenakan sepatu  berhak tinggi saat naik motor!  

Padahal, jika mengendarai motor  jenis bebek yang memiliki pedal rem di bawah, hak tinggi bisa sangat mengganggu. Lebih parah lagi, banyak wanita yang  bisa membawa motor, bahkan sudah mendapatkan SIM resmi, tetapi tidak mengetahui posisi yang benar ketika membawa motor. 

Banyak hal yang harus diperhatikan wanita saat mengendarai motor. Mulai dari posisi badan, tangan dan kaki.  Ini tips berkendara sepeda motor  special untuk cewek.

Pahami Kerja Rem

Rem dilakukan di saat tepat, ketika motor sedang tegak lurus, dan situasi betul-betul sedang terkendali. 

Jangan melakukan pengereman ketika sedang menikung, atau ketika roda sedang menginjak lintasan rusak,  dan motor tidak sedang berada di lintasan  yang licin.

Melakukan rem perlu dengan gerakan meremas dan dilakukan bertahap, tidak sekaligus, tidak mengunci, bantu dengan deselerasi mesin (engine brake). Sebab jika roda terkunci pengemudi bisa terjatuh.

Atur Kecepatan

Ngak perlu selalu ngebut.  Dan Jangan mendadak memperlambat kecepatan.  Orang lain belum tentu melihat Kamu mampu memperlambat kecepatan. 

Sebelum melakukan manuver; tengok ke  kaca spion, berikan sein, shoulder check, menoleh dengan cepat ke sisi samping, dan manuever dengan kecepatan yang sesuai. 

Pada posisi u-turn, bilamana kecepatannya pelan buat sudut menikung yang  kecil. 

Posisi Tangan

Letak siku tangan harus di atas garis handle bar dan menekuk. Jika posisi siku sejajar dengan stang,  dan kebetulan melewati jalan rusak, bisa membuat pengendara kehilangan kendali. 

Posisi Kaki

Turunkan kaki kiri terlebih dahulu, pertahankan kaki kanan tetap diatas pedal rem kaki, sampai kecepatan berada di 0 Km per jam. 

Pastikan arah telapak kaki sejajar lurus ke depan, tidak menyempit atau kedua lutut nyaris bertemu. Posisi menyempit akan membuat posisi duduk cenderung di ujung sadel.

Posisi begini akan membuat level weight distribution selalu berada di roda depan dan keseimbangan total akan mudah rapuh.

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Tips Aman Bermotor Bagi Wanita Wanita Harus Tahu Lady Biker

Comment

User Comment

Your comment

Load More