Tips Mencegah Kantuk Saat Berkendara

Publikasi: 3 bulan 22 hari 8 jam 37 menit yang lalu

Mengantuk merupakan salah satu perilaku manusia yang wajar. Apabila memang kita sudah cukup lelah dan sangat butuh tidur, wajar bagi kita untuk merasakan kantuk. Jika anda mengantuk di rumah anda, maka normal-normal saja. Namun beda ceritanya jika anda mengantuk pada saat keadaan sedang menyetir kendaraan.

Rasa kantuk menjadi salah satu penyebab kecelakaan terbesar di Indonesia. Sebagian kecelakaan yang melibatkan dua atau lebih pengendara bisanya dipicu oleh rasa kantuk yang tak tertahankan. Apabila dibiarkan saja, pengemudi dapat hilang fokus dan hilang kendali, yang kemudian berbuntut pada kecelakaan yang membahayakan.

Maka dari itu, kami akan memberikan beberapa tips untuk anda untuk bagaimana mencegah dan mengobati rasa kantuk yang berlebihan pada saat anda mengendarai kendaraan anda.

1. Minum minuman berkafein

Sudah bukan kabar baru lagi jika minuman berkafein dapat mencegah rasa kantuk. Bagi beberapa orang yang hobi begadang, mungkin sudah biasa melakukan hal ini. Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya anda mengisi perut dengan makanan bergizi dan juga minuman berkafein. 

Anda bisa minum kopi, teh, atau minuman lain favorit anda. Coba tambahkan rasa pedas jahe kedalam minuman anda untuk efek tambahan yang membuat badan menjadi lebih segar.

2. Menghibur diri sendiri

Salah satu cara menyenangkan untuk berkendara adalah dengan menghibur diri sendiri. Banyak cara yang bisa anda lakukan seperti menyanyi, atau berbicara layaknya seorang moto vlogger yang membicarakan apa saja yang dilihatnya. Kegiatan yang nampaknya nyeleneh ini justru sangat berguna untuk mengusir rasa kantuk.

Selain berguna untuk menjaga badan anda tetap fokus, anda juga dapat menikmati perjalanan dengan lebih santai dan bahagia. Perjalanan yang jauh pun akan tidak terasa jika anda menikmatinya.

3. Mengobrol dengan penumpang

Ada baiknya bila anda melakukan perjalanan jauh, ajaklah salah satu anggota keluarga anda. Bisa jadi istri atau anak anda. Ajaklah mereka ngobrol agar suasana menjadi lebih menyenangkan. Menikmati perjalanan sambil bercerita dan tertawa bersama akan meningkatkan mood anda juga, sehingga rasa letih dan kantuk pun tidak terasa.

Namun perlu diingat bahwa anda juga harus tetap fokus ke jalan. Jangan sampai saking asyiknya cerita, anda lupa melihat arah depan.

4. Menepikan kendaraan untuk beristirahat

Apabila memang rasa kantuk sudah amat tidak tertahankan, coba carilah rest area secepat mungkin apabila memungkinkan. Apabila tidak, anda bisa menepikan kendaraan anda untuk beristirahat. Ingat, pastikan sekeliling anda adalah tempat yang cukup ramai lalu lalang pengendara lain supaya lebih aman.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More