Tips Menghindari Ngantuk Saat Berkendara Motor

Publikasi: 18 hari 3 jam 57 menit yang lalu

Bagi sebagian orang rasa kantuk memang sukar untuk ditahan. Terlebih jika memang sudah malam atau sudah waktunya untuk tidur. Namun, bagaimana jika Anda mengantuk saat akan berkendara? 

Mengendarai sepeda motor ataupun mobil dalam kondisi mengantuk sangat tidak direkomendasikan. Sebab, hal ini dapat memicu timbulnya kecelakaan lalu lintas. Tak hanya membahayakan keselamatan Anda, namun juga pengendara yang lainnya. 

Menurut data yang dihimpun oleh AAA Foundation menyatakan bahwa sebanyak 16,5% kecelakaan lalu lintas terjadi karena pengendara yang mengantuk atau kurang tidur. Selain itu, menurut National Sleep Foundation, terdapat setidaknya 100 ribu kasus laka lantas yang terjadi karena pengemudi yang mengantuk setiap tahunnya.  Jumlah yang tak sedikit, bukan? 

Nah, Anda pasti tak ingin mengalami hal serupa, kan? Maka dari itu, Anda bisa mengantisipasinya dengan cara-cara berikut ini. Simak lengkap artikelnya, ya!

Tips Menghindari Ngantuk Saat Berkendara Motor

1. Konsumsi kopi sebelum berkendara

Jika Anda akan berkendara di malam hari, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah kondisi tubuh Anda. Pastikan Anda tidak sedang mengantuk atau dalam kondisi yang kurang prima.

Nah, untuk mengantisipasi rasa kantuk yang timbul saat berkendara. Anda bisa dengan mengkonsumsi kopi dengan kadar kafein yang tinggi. Misalnya, kopi hitam yang memiliki banyak kandungan ampas dan memiliki cita rasa pahit yang kuat. 

2. Tepikan motor dan coba renggangkan tubuh Anda

Jika saat mengendarai motor Anda merasakan kantuk yang menyerang tiba-tiba. Maka Anda bisa menepikan kendaraan Anda terlebih dahulu dan cobalah untuk merenggangkan beberapa bagian tubuh. Cara ini terbukti efektif untuk membuat tubuh Anda merasa segar kembali dan menghilangkan rasa kantuk yang datang.

3. Hindari konsumsi obat sebelum berkendara

Seperti yang kita tahu, beberapa obat memiliki efek samping yang memicu timbulnya rasa kantuk. Nah, jika sudah demikian, sebaiknya hindari mengkonsumsi obat-obat tersebut.  Beberapa obat yang memiliki efek samping seperti ini adalah obat pusing, obat masuk angin dan obat anti mabuk. 

4. Ambil istirahat setelah berkendara 2 jam di jalan

Jika Anda tengah menempuh perjalanan jarak jauh. Ada baiknya untuk beristirahat secara berkala. Misalnya, setiap 2 jam sekali, Anda bisa menepikan kendaraan dan beristirahat sejenak. Dengan demikian, Anda pun bisa terhindar dari rasa kantuk sekaligus suntuk yang dialami selama  di jalanan.

Jangan memaksakan diri untuk berkendara terus tanpa henti. Karena hal ini dapat membuat seluruh anggota tubuh Anda cepat lelah dan mengundang rasa kantuk.

5. Ajak ngobrol teman berkendara

Jika Anda berkendara dengan memboncengkan teman atau pasangan. Maka mengajak ngobrol mereka bisa dijadikan opsi untuk menghindari rasa kantuk. Karena biasanya orang mengantuk karena mereka suntuk atau jenuh dengan apa yang sedang dilakukannya.

Terlebih jika Anda berkendara jarak jauh. Tentu akan sangat membosankan jika tidak ada teman mengobrol dan berbagi cerita.

Nah, itulah tadi beberapa cara menghindari rasa ngantuk saat berkendara motor. Ingat, untuk tidak memaksakan diri saat mata Anda sudah berat dan tubuh terasa sangat lelah. Lebih baik sampai ke tujuan sedikit lebih lama namun dalam kondisi selamat, daripada harus mengalami insiden yang tidak diinginkan selama berkendara di jalan. Happy safe riding!

Label : Cari Aman Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More