Tips : Meninggalkan Motor Dalam Waktu Lama

Publikasi: 1 tahun 6 bulan 29 hari 48 menit yang lalu

Jika kamu harus meninggalkan motor dalam waktu lama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar ketika  motor akan dipakai lagi, tidak menimbulkan masalah 

Ini beberapa trik yang bisa dilakukan sebelum meninggalkan motor dalam waktu lama. Tujuannya agar motor tetap fit dan siap digunakan untuk aktivitas meski telah lama tidak digunakan.

Bersih

Ini langkah wajib.Pastikan motor  dalam keadaan bersih. Cuci steam lebih baik  lagi, lalu keringkan. Hal ini untuk mengantisipasi karat selama tidak digunakan.

Pakai Sarung

Tutupi motor dengan sarung motor yang banyak dijual di pasar. Hal ini untuk mencegah menempelnya debu dan kotoran, agar nantinya saat mau dipakai tidak perlu dilap atau dicuci.

Cabut Aki

Meski tidak digunakan, kabel tetap memiliki aliran listrik dari aki. Bila aki dibiarkan terpasang, aliran listrik akan terus mengalir sehingga bisa menimbulkan aki soak. Sebaiknya aki dilepas dan disimpan di tempat yang aman.

Kosongkan Bahan Bakar

Sebaiknya, biarkan tangki bahan bakar kosong. Hal ini untuk menghindari terjadinya karat karena proses penguapan bahan bakar.

Gunakan Standar Ganda

Siapkan motor dalamposisi mengunakan standar tengah  atau standar ganda agar beban motor rata atau seimbang. Jika menggunakan standar samping dalam waktu lama, beban motor condong ke kiri. Sokbreker depan maupun belakang bisa bermasalah karena tinggi sebelah.

Gunakan Alas Ban

Gunakan alas kayu atau kain untuk ban yang menempel ke lantai. Sebab ban yang langsung menempel ke lantai akan lebih cepat kempis karena perbedaan suhu lantai dengan ban.

Parkir Dalam Ruangan

Tempakan motor disimpan di dalam ruangan, sehingga tidak terkena panas atau hujan yang memicu karat atau cat memudar.

Pengaman Lengkap 

Selain mengunci setang, bisa gunakan gembok di cakram atau roda untuk mencegah aksi pencurian. Bisa juga dengan melepas kabel busi.

Oli Baru 

Jika oli mesin sudah lama digunakan sebelum meninggalkan motor, sebaiknya ganti dengan oli baru. Sebab di dalam oli lama biasanya sudah banyak kotoran yang dapat mengendap dan menggumpal.

Hindari Kick Starter 

Untuk motor yang dilengkapi kick starter, saat pertama kali ingin menghidupkan mesin, hindari start elektrik. Dengan posisi kunci kontak Off, gunakan kick starter 3-4 kali. 

Setelah itu, putar kunci ke ON dan kick start sampai mesin hidup. Sehingga oli mesin yang berada di bawah bisa membasahi komponen mesin dan siap beroperasi.

Cari Aman Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare Meninggalkan Motor Dalam Waktu Lama

Berita Terkait