Tips Merawat Suspensi Motor Agar Lebih Awet

Publikasi: 3 tahun 4 bulan 24 hari 8 jam 24 menit yang lalu

Kondisi suspensi pada kendaraan seringkali diabaikan. Padahal komponen yang satu ini memegang peranan penting dalam menunjang kenyamanan Anda selama berkendara. 

Suspensi atau yang seringkali juga disebut dengan shockbreaker merupakan satu komponen pada kendaraan yang berguna untuk meredam getaran atau kejutan selama berkendara di jalan. Misalnya saat Anda melewati polisi tidur yang cukup tinggi atau melewati jalanan yang berlubang. Nah, suspensi bekerja penuh ketika kendaraan yang kita gunakan melewati jalanan tersebut.

Tanpa perangkat yang satu ini, pengalaman berkendara Anda dipastikan tidak akan nyaman. Anda mungkin akan mengalami sakit punggung sesaat setelah melewati jalanan berlubang atau polisi tidur secara terus menerus tanpa suspensi.

Nah, maka dari itu penting untuk tetap menjaga kondisi komponen motor yang satu ini agar tetap prima. Sehingga saat digunakan berkendara pun, Anda bisa mendapatkan kenyamanannya sekaligus terhindar dari sakit atau nyeri punggung. Berikut beberapa tips merawat suspensi motor yang bisa Anda lakukan versi Wahana Honda.

Tips Merawat Suspensi Motor Agar Lebih Awet

1. Selalu jaga kebersihan suspensi motor

Letaknya yang terbuka membuat komponen motor yang satu ini rawan kotor setelah digunakan berkendara. Terlebih pada musim hujan seperti saat ini. Komponen suspensi harus senantiasa dijaga kebersihannya agar fungsinya tetap optimal dan tidak terganggu.

Jika motor yang Anda kendarai baru saja digunakan untuk menerobos hujan atau melewati jalanan berlumpur. Pastikan untuk segera membersihkan bagian suspensi dengan lap dan air bersih. Hal ini untuk menghindari terjadinya menumpuknya kotoran pada komponen tersebut yang nantinya akan membuat suspensi terasa keras dan tidak nyaman saat digunakan.

2. Selalu perhatikan oli pada suspensi

Komponen yang satu ini bekerja meredam kejutan dengan bantuan dari pelicin maupun oli. Tanpa adanya oli yang melapisi bagian suspensi, sudah dapat dipastikan bantingan komponen ini terasa keras  dan tidak nyaman. Sehingga memicu terjadinya sakit atau nyeri punggung yang sering dialami oleh pengemudi kendaraan.

Tak hanya itu, suspensi yang tidak dilapisi oli atau cairan pelicin juga lebih mudah patah jika digunakan berkendara. Terlebih jika Anda sering melewati jalanan yang rusak, berbatu atau jalanan berlubang sekali pun.

3. Hindari membawa barang bawaan berlebih

Cara merawat suspensi agar lebih awet selanjutnya adalah dengan cara tidak membawa barang bawaan yang berlebihan. Terutama saat Anda akan melakukan perjalanan jarak jauh atau mudik ke kampung halaman. Bagaimana pun, komponen suspensi ini memiliki batas kemampuannya dalam menampung berat barang bawaan.

Jika Anda memberinya beban yang di luar kapasitas dari kemampuan komponen tersebut. Maka risiko terjadinya suspensi rusak dan patah akan jauh lebih besar. 

4. Hindari melewati jalanan rusak dan berlubang

Medan jalanan yang rusak dan berlubang juga menjadi salah satu faktor penyebab suspensi cepat rusak. Jika memungkinkan lebih baik Anda cari jalan lain yang memiliki medan mulus dan tak banyak lubang. Namun jika jalanan tersebut adalah satu-satunya yang bisa Anda lewati. Ada baiknya untuk berkendara lebih hati-hati.

Turunkan laju kecepatan motor Anda sebelum melewati polisi tidur, jalanan berlubang atau apapun yang bergelombang. Hal ini akan mengurangi risiko rusaknya komponen shockbreaker pada motor.

Nah, itulah tadi beberapa cara merawat suspensi motor agar lebih awet. Dengan memperhatikan kondisi dari komponen yang satu ini, pengalaman berkendara Anda pun akan terasa jauh lebih nyaman. 

Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda

Berita Terkait