Tips Merawat Tombol Starter

Publikasi: 2 bulan 16 hari 5 jam 44 menit yang lalu

Saat menghidupkan motor, biasanya tombol starter pada motor atau electric starter  akan ditekan. Atau untuk motor matic biasanya dengan dengan menekan sembari menarik tuas rem. Ini jelas sangat mudah dibanding menggenjot kick starter.

Namun,  bisa terjadi saat tombol starter ditekan, mesin malah tidak bisa menyala sama sekali atau motor malah berbunyi tetapi mesin tidak hidup.

Jika ini terjadi, pasti bikin panik,  apalagi jika kejadiannya berlangsung di tempat sepi dan gelap. Pasti repotttttt deh. 

Nah, demi menghidari kejadian buruk semacam itu,  sebaiknya  perhatikan dan rawat dengan baik electric starter motormu . Caranya? Simak  deh :

1. Bersihkan Kerak di Tombol Starter 

Rawat electric starter  agar berjalan sesuai dengan fungsinya. Caranya membersihkan bagian konektor rangkaian starter motor yang biasanya memiliki kotoran/kerak.

Bersihkan bagian tersebut dengan melepas soket yang biasanya berwarna merah yang mengarah pada tombol starter. Lalu bersihkan dengan menggunakan cairan penetran, yaitu dengan cara menyemprotkan cairan penetran pada konektor rangkaian motor starter.

Bersihkan kerak yang menempel pada tombol starter. Buka terlebih dahulu dudukan tombol starter dengan menggunakan obeng plus, lalu gunakan amplas halus untuk menggosok bagian konektornya.

2. Jumper Dengan Kabel

Untuk pengguna matic, perlu menarik tuas rem untuk dapat menggunakan electric starter.  Hal ini disebabkan adanya switch atau saklar pada tuas rem. 

Jika mesin tidak mau menyala saat menggunakan electric starter cobalah untuk mengecek kondisi switch tersebut dengan cara menjumper dengan menggunakan kabel.

Setelah di jumper sembari menekan tombol starter,  tetapi motor tetap tidak berputar, maka ini bisa  jadi tanda switch pada tuas rem sudah rusak dan harus diganti. Harga switch ini tidak mahal. Paling dibanderol dengan harga 30 ribuan.

3. Coba Gunakan Kick Starter 

Boleh juga gunakan kick starter  sebagai salah satu cara ampuh merawat electric starter motor. Lakukan, terutama saat memanasi mesin motor di pagi hari atau saat akan memakai motormu setelah lama tidak digunakan, dan memerlukan sumber tenaga yang besar.

Memanfaatkan kick starter bertujuan untuk mengurangi intensitas penggunaan electric starter, agar dinamo starter kualitasnya tidak turun akibat terus dipacu untuk bekerja.

4. Paling Jitu : Service Tepat Waktu

Selain ide di atas, tips merawat tombol starter yang terakhir memang tidak lain dengan melakukan service rutin. Dan mintalah mekanik memeriksa seluruh bagian motor termasuk mengecek kondisi electric starter. Minta mereka memperbaiki atau menggantinya jika ada masalah di situ. 

Dengan begini, dijamin kejadian menyebalkan karena harus menggenjot kick starter saat mesinmu mati tidak bakal terjadi.

Itulah tips merawat tombol starter motor yang bisa dipraktekkan untuk menjaga agar electric starter  tidak ngadat. Selamat mencoba! 

Label : Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare Starter Motor Tombol Starter

Comment

User Comment

Your comment

Load More