Tips Sederhana Melewati Rel Kereta Api

Publikasi: 5 bulan 10 hari 16 jam yang lalu

Sebagai pengendara motor, pasti pernah melintasi rel kereta api. Sayangnya,  masih banyak  terjadi kecelakaan di situ. Dan ini terjadi karena kesalahan mendasar yang dilakukan oleh pengguna jalan raya. 

Biarpun  sudah ada rambu-rambu untuk berhenti atau untuk tanda untuk lebih berhati-hati, tetapi masih saja sering terjadi kecelakaan. 

Terlebih di beberapa perlintasan  kereta api belum terpasang palang atau portal.  Dan hanya dijaga oleh relawan yang lebih sering tidak tampak atau kadang menghilang. 

Ini beberapa tips agar selamat melewati perlintasan kereta api. 

Tunggu Aman

Jika lintasan tanpa portal dan tanpa penjagaan, kamu perlu berhenti, kemudian lihat  ke kanan dan kiri sebelum melewati rel. Dengan cara ini, bisa diketahui apakah ada kereta yang akan melintas. Memastikan situasi aman adalah cara terbaik melintasi rel. 

Siaga Penuh

Walaupun ada palang perlintasan yang terpasang, wajib diingat bahwa yang mengendalikan palang juga seorang manusia, yang bisa aja dia lalai dalam tugas, ketiduran misalnya. Nah siaga penuh menjadi wajib bagi pegendara, jika petugas palang pintu itu lalai dalam tugasnya. 

Jangan Nervous 

Bisa jadi seorang pengendara motor jarang melihat rel kereta api, karena di kota yang ditinggalinya belum terjangkau jaringan KAI. Nah, sekalinya  ia ke pulau Jawa, dia gugup melewati litasan rel kereta. 

Jika ini terjadi padamu,  tidak perlu gugup. Santai saja, yang terpenting yakin dan selalu waspada sekaligus hati – hati. 

Jangan berebut ingin cepat 

Jika traffic di depan perlintasan sedang ramai. Pastikan bisa melintas tanpa harus berhenti di antara rel. Sekali lagi, pastikan kamu bisa melintas Tanpa harus berhenti di antara rel. Karena kita tidak pernah tahu kapan kereta akan lewat. Dan jika kereta itu sudah tampak, kamu pasti  tidak akan mau berada dalam posisi tidak  bisa bergerak di antara rel tersebut.

Kuasai kendaraan 

Sering kita temukan kondisi aspal jalan di sekitar rel kereta api tidak mulus alias bolong-bolong dan rusak. 

Aspal yang rusak sering menjadi rintangan untuk motormu. Di sinilah kemampuan menghandle motor harus bisa dijalankan  agar selamat melintasi rel. Cari sudut aman untuk melewati lintasan rel yang seperti itu.

Jangan terlalu dekat 

Pada beberapa titik perlintasan kereta api,  yang belum berpalang, sebaiknya ambil jarak aman  dari kereta yang bakal melintas. 

Sapuan angin yang menerpa karena kecepatan kereta api yang tinggi, tidak terlalu sehat untuk badanmu. Selain itu, bisa mendadak  muncul lontaran kerikil karena kereta melintas dengan kecepatan tinggi.

Jangan  Berdiri Di Depan Palang 

Jika kamu ngotot mengambil posisi di depan palang perlintasan,  meskipun  tidak akan tertabrak kereta yang akan melintas. Jika ketahuan, kamu bisa kena tilang polisi.  Sebaiknya bersabar sedikit, agar kamu berkendara dengan aman dan selamat sampai tujuan.

Stay safe, semoga perjalananmu menyenangkan dann sampai sesuai tujuan.

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Wahanahonda Rel Kereta Api

Comment

User Comment

Your comment

Load More