Tips Touring Motor Jarak Jauh Sendirian

Publikasi: 4 tahun 1 bulan 28 hari 16 jam 22 menit yang lalu

Salah satu kegiatan yang paling sangat diinginkan ketika memiliki sebuah motor adalah touring. Touring dengan motor memberikan pengalaman yang sangat berbeda, jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan lain. Apalagi, jika jarak touring yang diambil merupakan jarak jauh antar kota, bahkan antar pulau. Terlebih lagi, jika melakukannya sendirian, tidak ikut dalam sebuah kelompok motor.

Jika anda ingin melakukan touring jarak jauh sendirian tanpa pendamping, ada sejumlah tips yang perlu anda perhatikan. Kami akan membagikan tips touring motor jarak jauh sendirian dalam artikel ini, dan pastikan anda membacanya dengan seksama. 

Faktor Keamanan

Melakukan touring motor jarak jauh sendirian dibandingkan dengan berkelompok, tentu resiko keamanannya semakin besar. Faktor dari luar seperti diganggu orang asing, ataupun kehilangan barang menjadi alasannya. Aturan undang-undang di Indonesia yang melarang penggunaan senjata api tajam masih bisa disiasati. 

Anda bisa mempersenjatai diri dengan beberapa barang yang biasa digunakan sebagai alat perbaikan kendaraan yang terbuat dari besi. Seperti, kunci inggris ukuran besar, atau obeng. Mengingat kasus perampasan atau begal di Indonesia yang cukup tinggi, barang-barang tersebut penting untuk dibawa. 

Sebagai bahan perlindungan, anda bisa menggunakan satu stel jaket yang tebal, yang menutupi seluruh tubuh hingga kaki. Jaket yang tebal bisa menahan dari serangan menggunakan senjata tajam. 

Anda juga perlu melengkapi motor dengan alarm. Sebab, anda akan sering meninggalkan motor saat beristirahat untuk melaksanakan ibadah ataupun tidur. Hal ini untuk mencegah terjadinya pencurian kendaraan.

Ramah dan menghormati pengendara lain, akan sangat membantu perjalanan jarak jauh anda. Sebab banyak sekali terjadi kasus perkelahian di jalan raya atau road rage karena sikap pengendara yang tidak sabaran dan menghormati pengguna jalan lain.

Faktor Kenyamanan 

Agar anda bisa menikmati perjalanan jarak jauh anda dengan nyaman dan kondisi kesehatan tetap terjaga, pastikan kenyamanan saat berkendara anda perhatikan. Jok atau tempat duduk pastikan terbuat dari bahan yang empuk. Serta pastikan posisi tubuh saat mengemudikan kendaraan bermotor tidak membuat anda kecapekan. 

Pakaian juga sangat berpengaruh agar perjalanan anda terasa nyaman. Jaket tebal yang melindungi seluruh tubuh, tidak hanya untuk pertahanan ketika diserang orang jahat. Tetapi juga akan menjaga suhu tubuh tetap hangat di saat kondisi di perjalanan dalam kondisi hujan atau cuaca dingin. Jangan juga menggunakan pakaian yang terlalu longgar karena akan sangat mengganggu apalagi saat kondisi angin kencang atau juga tersangkut di bagian kendaraan. 

Jaga Kondisi Tubuh dan Siapkan Perbekalan Yang Cukup

Selain keamanan dan kenyamanan, anda juga perlu menjaga kondisi kesehatan saat touring jarak jauh sendirian. Sering-sering lah beristirahat dalam perjalanan. Jangan terlalu memaksakan ketika tubuh terasa lelah. Apalagi, jika anda sudah merasa mengantuk, segeralah menepi untuk tidur sejenak. Penyebab kecelakaan paling tinggi saat berkendara adalah karena pengemudi yang mengantuk. 

Siapkan juga perbekalan yang cukup untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Ini bisa berupa membawa makanan kaleng instan yang mudah disiapkan atau membawa uang yang cukup untuk membeli konsumsi di perjalanan.


Cari Aman Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda

Berita Terkait