Waspada! Musim Hujan Datang, Musim Penyakit Mudah Menyerang

Publikasi: 21 hari 3 jam 56 menit yang lalu

Musim peralihan dari kemarau ke musim hujan  seperti sekarang ini membuat tubuh rawan terserang penyakit.

Ada beragam penyakit yang rentan menyerang tubuh saat musim penghujan tiba seperti flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, penyakit kulit hingga demam berdarah juga menjadi daftar penyakit yang banyak dijumpai di musim hujan. 

Nah, sebagai pengendara motor  agar tetap sehat, aman dan nyaman, perlu memperhatikan beberapa hal  di bawah ini:

Higienis Sepanjang Waktu

Saat musim penghujan, kuman dan bakteri berkembang lebih leluasa karena kelembapan tinggi. Itulah mengapa tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Selain itu, tangan adalah media paling umum masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuh.

Secara tidak sadar, kita akan lebih banyak memasukkan kuman dan bakteri ke dalam tubuh melalui tangan, seperti  ketika makan, menyentuh organ tubuh lain,  termasuk mengendarai motor seharian, membuat tangan menjadi tidak higienis. 

Pastikan membiasakan diri mencuci tangan, begitu tiba di rumah, atau setiap kali usai menyentuh barang atau objek seperti setang motor.

Mencuci tangan dengan air saja tidak membuat kuman dan bakteri menghilang. Makanya,  perlu gunakan sabun disinfektan agar bakteri yang bersarang di tangan bisa rontok.

Siapkan Selalu Jas hujan

Di dalam jok motor, selalu siapkan jas hujan. Agar lebih aman, gunakan jas hujan yang bertipe baju (bukan ponco). Jangan malas membilas an mengeringkan jas hujan, setiap kali selesai digunakan. Jas hujan yang tidak dikeringkan dengan baik, akan menjadi lembab dan menimbulkan bau  tdiak sedap ini juga tidak sehat untuk tubuhmu.

Segera Mandi Setelah Kehujanan

Penyakit dengan mudah akan muncul ketika tubuh mengalami perubahan suhu  secara drastis. Ketika tubuh  dalam kondisi basah terkena air hujan, sebaiknya segera mandi dan keramas untuk menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh air hujan. 

Saat mengeringkan tubuh, temperatur tubuh bertahap kembali ke suhu normal.

Atur Kecepatan Melaju

Saat hujan turun, tidak perlu ngebut. Saat melakukan pengereman, gunakan rem belakang, lanjutkan dengan rem depan secara perlahan. Ini sebagai upaya menghindari selip ban.

Jangan Tabrak Genangan air

Jalan yang berlubang bakalan  tidak terlihat ketika huja, karena  sudah tertutup genangan air. Sebaiknya jangan asal tabrak genangan air demi menghindari kecelakaan akibat lubang di jalan.

Pakai Jaket  atau Baju Hangat

Baju yang Anda kenakan juga akan memengaruhi kesehatan di musim hujan. Hindarilah menggunakan baju berbahan tipis. Selalu gunakan jaket, atau sweater atau cardigan tebal. Baju  tebal dan hangat akan menjaga tubuh dari udara dingin 

Boots & Celana panjang

Sebaiknya gunakan sepatu boots agar lebih aman karena kondisi jalan yang licin.  Dan genangan air di mana-mana. Selain itu, jangan lipat celana panjang apabila Anda sedang mengendarai motor, karena mesin motor yang panas dapat melukai kaki

Nyalakan Lampu Depan

Saat hujan lebat, nyalakan lampu depan motor agar pengendara lain dapat melihat keberadaan dari kaca spion

Berteduh

Jika hujan turun lebat disertai angin dan petir, jangan memaksakan untuk tetap mengendarai motor. Berteduhlah dahulu hingga hujan agak reda dan cukup aman untuk melanjutkan perjalanan

Demikian beberapa tips untuk meminimalisir resiko terjadinya gangguan kesehatan saat musim hujan tiba. Semoga bermanfaat!

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Saat Hujan Wahanahonda Musim Hujan

Comment

User Comment

Your comment

Load More