Yuk, Kenali Lebih Dekat Jenis-Jenis Oli Motor Matic

Publikasi: 1 tahun 4 bulan 1 hari 6 jam 5 menit yang lalu

Sepeda motor jenis matik, menggunakan dua jenis oli.  Yakni oli mesin dan oli transmisi atau biasa disebut oli gardan. Kedua oli ini memiliki fungsi yang sama, sebagai pelumas dan pelindung komponen metal yang bergesekan.

Bedanya, kedua oli tersebut bekerja pada lokasi berbeda. Oli transmisi bekerja sebagai pelumas pada komponen gigi transmisi atau Final Reduction Gear di sistem transmisi  otomatis. Sementara Oli mesin bekerja sebagai pelumas untuk komponen mesin.

Nah lebih lanjut  mari kita  telaah lebih dalam  tentang oli mesin dan oli transmisi  ini 

Oli Mesin Dibedakan Berdasarkan Sertifikasi

Ada dua jenis oli mesin,  yang dibedakan  berdasarkan sertifikasi JASO (Japanese Automotive Standards Organization) yaitu JASO MA dan JASO MB.

JASO MA digunakan pada sepeda motor kopling basah (komponen kopling yang terendam oli mesin) seperti pada motor sport dan cub. Sementara  JASO MB untuk sepeda motor kopling kering (komponen kopling tidak terendam oli mesin) seperti pada motor matic.

Selain itu, oli mesin juga memiliki standar kekentalan yang dituliskan dengan kode standar SAE (Society of Automotive Engineer) yang jadi standard indeks kekentalan oli secara global.

Oli mesin juga memiliki standar API (American Petroleum Institute), sebuah institusi yang mengatur penetapan kualitas tingkat kemampuan oli untuk menjaga performa mesin sehingga spesifikasi oli yang dipilih sesuai dengan jenis sepeda motor.  

Sebagai contoh pada  oli motor matik MPX 2 yang memiliki spesifikasi SAE:10W-30, API-SL, JASO:MB.

Untuk interval penggantian oli, biasanya dilakukan setiap 1.500 – 2.000 km.

Oli Transmisi atau Gardan Special Untuk Matic

Oli transmisi  ini digunakan  hanya untuk sepeda motor matic. Pada produk Honda Genuine Part terdapat 2 jenis oli transmisi yaitu base oil dan synthetic.

Oli sintetik menggunakan base oil synthetic dengan tambahan aditif teknologi terbaru untuk Honda, membuat pelumas mempunyai stabilitas oksidasi yang baik, minim penguapan, dan mampu mendukung performa gir tetap maksimal pada suhu dingin atau pun panas. 

Oli transmisi berfungsi sebagai pelumas untuk meredam panas dan melindungi komponen dari aus akibat gesekan.

Jadi penting untuk dipahami spesifikasi oli mesin dan transmisi untuk digunakan pada setiap tipe dan tahun pembuatan sepeda motor. 

Agar tidak salah pilih spesifikasi oli,  sebaiknya  pengisiannnya dlakukan di bengkel AHASS terdekat untuk medapatankan perawatan dan suku cadang terbaik dari Honda. 

Jangan lupa untuk memanfaatkan layanan booking service  dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu service.

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare Oli Motor Oli Mesin

Berita Terkait