10 Langah Tepat Hindari Rem Skutik Blong Di Jalanan Menurun

Publikasi: 1 tahun 24 hari 3 jam 44 menit yang lalu

Mengendarai sepeda motor matik atau skutik  perlu ketelitian dan kehati-hatian. Terutama, ketika haruus menempuh medan jalan yang cenderung ekstrem seperti di jalan turuan . Ini jelas membutuhkan kemampuan khusus berkendara. 

Di luar itu, komponen pengereman  pada motor juga menjadi alat penentu keselamatan,  terutama  jika terjadi rem blong mendadak.  

Umumnya, aka nada interval pengereman yang berkurang karena kontur jalanan menurun panjang , dan mengakibatkan suhu panas rem menjadi berlebihan. 

Lantas bagaimana biar aman?  Begini :

  1. Perhatikan betul, jika sedang berada di atas bukit, menuju jalan ke bawahh, tidak dianjurkan menekan rem terlalu lama. 
  2. Rem  secukupnya. Lakukan  secara perlahan, biarkan kecepatan motor terkontrol sendirinya. 
  3. Bila  dalam perjalanan  ini muncul keanehan seperti bau terbakar, atau keluar asap, upayakan langsung berhenti saja.
  4. Walaupun motor skutik tidak mempunyai engine brake, tetapi pengereman yang benar sudah sangat cukup.  
  5. Skutik dapat berhenti atau berkurang kecepatan dengan menggunakan dorongan tenaga. Caranya  putar tuas gas sembari imbangi dengan menyeimbangkan putaran mesin.  
  6. Lantas, mainkan gas untuk menjadi semacam engine brake manual. 
  7. Putar gas sesuai kebutuhan. Hambatan muncul sendirinya dari hentakan-hentakan mesin.
  8. Lakukan interval untuk jeda waktu pengereman sepanjang 3-6 detik  untuk mengurangi tekanan suhu panas permukaan rem.  Teknik ini akan menyelamatkan pengendara dari ancaman bahaya. 
  9. Kontrol pengendalian kendaraan juga mencakup batas kecepatan. 
  10. Dalam kondisi darurat manuver menghindar tidak terlalu sulit karena kecepatan masih terkendali. Lakukan rem dengan ditekan tapi terjeda, lakukan teknik rem, buka, rem, secara berulang. 

Nah, jika sudah tahu Langkah-langkah pengereman tersebut, jangan lupa, selalu lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin  di bengkel AHASS terdekat , agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan  pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service. 


Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda WahanaHonda Pengereman Rem Motor

Berita Terkait