3 Kelemahan Utama Speedometer Digital

Publikasi: 1 tahun 21 hari 10 jam 14 menit yang lalu

Biasanya, motor produksi terbaru umumnya sudah dibekali dengan speedometer digital yang terlihat keren, mewah dan modern.

Namun di balik tampilannnya yang memukau,  ada masalah  yang bisa muncuul seiring berjalannya waktu.

Nah,  biar tidak timbul masalah, layar speedometer digital pada motor umumnya harus dirawat dengan baik. Jika salah merawat, layar bisa rusak dan salah satu cara memperbaikinya adalah dengan mengganti lapisan film pada layar.

Untuk mengganti lapisan tersebut tentunya akan mengeluarkan biaya yang terkadang cukup mahal.

Masalah Speedometer Digital Motor

Di era sekarang secara umum panel speedometer digital sudah menggunakan LED sebagai penerangan dan LCD sebagai displaynya

Namun  ada tiga masalah yang kerap terjadi pada sepeda motor yang sudah menggunakan speedometer digital. Mau tahu…Kita telisik satu persatu :

Berembun 

Timbulnya embun adalah masalah yang sering muncul dan datang dari celah antara mika penutup, atau terdapat retakan sehingga panas dari mesin membuat air masuk ke dalam unit panel.

Lama-kelamaan air tersebut menguap dan tertahan di dalam. Pemilik motor diimbau untuk selalu mengecek bagian mika apakah terdapat retakan atau tidak.

Jika terdapat retakan disarankan untuk segera mengganti mika agar tidak timbul embun di kemudian hari.

Gampang Terbakar Matahari

Masalah kedua yang sering ditemui pada speedometer digital adalah sunburn atau terbakar matahari.

Kerusakan ini disebabkan karena sepeda motor sering diparkir dan terjemur di bawah sinar matahari dalam jangka waktu lama.

Panas matahari membuat lapisan plastik film menjadi rusak. Agar tidak cepat rusak, pemilik diimbau untuk memasang kaca film pada mika speedometer agar menahan sinar matahari tidak langsung merusak lapisan film.

Cara lain yang bisa dilakukan yakni memarkirkan kendaraan di tempat yang sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Memudar

Masalah terakhir yang ada di speedometer digital yakni panel yang pudar dan tidak terbaca. Umumnya masalah ini akan muncul pada motor yang usianya sudah lebih dari 5 tahun.

Biasanya informasi seperti angka kecepatan sepeda motor tidak bergerak atau hanya berkedip. Penyebabnya bisa karena kelistrikan oleh aki yang lemah. Sehingga terkadang panel speedometer hanya berkedip dan menunjukan tampilan yang tidak stabil ketika dinyalakan.

Jika sudah mengalami hal ini, pemilik mau tidak mau harus melakukan servis atau mengganti dengan speedometer baru.

Nah, jika sudah tahu kelemahan speedometer tersebut, jangan lupa, selalu lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin  di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan  pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service. 

Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Speedometer Motor Speedometer

Berita Terkait