3 Penyebab Utama Munculnya Bunyi Berdecit Saat Motor Direm

Publikasi: 2 bulan 4 hari 2 jam 23 menit yang lalu

Rem adalah salah satu komponen atau bagian dari motor yang memiliki peran tak kalah pentingnya dibanding mesin atau bagian lain. Hal tersebut dikarenakan rem menjadi bagian pertama yang bekerja ketika Anda ingin menghentikan laju motor baik secara bertahan ataupun mendadak.

Hanya saja, terkadang rem motor, terutama yang sudah mulai akan aus kerap menimbulkan bunyi berdecit. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya? Berikut penjelasan singkat dari hal tersebut.

Penyebab bunyi berdecit saat melakukan pengereman 

Setidaknya ada 3 hal yang dapat memunculkan bunyi berdecit saat Anda melakukan pengereman. 3 hal tersebut antara lain;

1. Kampas rem kotor

Kampas rem merupakan salah satu komponen yang terdapat pada piringan rumah rem yang berfungsi sebagai penahan putaran ban dan dapat menghentikan laju kendaraan dengan cepat. Dikarenakan berada di bawah atau di dekat ban dan sering digunakan, maka tidak heran kenapa bagian ini sangat mudah menjadi kotor, terutama ketika dipakai di tempat yang berdebu atau juga saat hujan. Dikarenakan kampas rem yang kotor tersebut, maka akan terjadi gesekan antara lempengan kampas dengan bagian penjepitnya. Dari situlah bunyi berdecit muncul. 

2.Piringan cakram tidak rata

Selain kampas rem, bunyi berdecit tersebut juga dapat disebabkan oleh piringan cakram, untuk motor yang menggunakan cakram, tidak rata atau sudah mulai aus. Dengan permukaan yagn tidak rata tersebut, maka ketika terjadi pengereman, kampas akan emnjepit permukaan yang bergelombang dan membuatnya muncul decitan.

3. Kampas rem mulai habis

Seperti halnya ketika kampas rem kotor, bunyi decitan tersebut juga akan muncul ketika bagian satu ini sudah mulai habis atau menipis. Bunyi decitan tersebut disebabkan oleh pergesekan antara besi kampas dengan piringan penjepit. Bahkan tidak hanya ketika dalam posisi direm saja akan muncul bunyi yang mengganggu, bunyi lain seperti gesekan dua besi juga akan terdengar ketika roda berputar.

Dan untuk mengatasinya, apabila Anda berani membongkar sendiri, maka dapat membersihkan kampas rem tersebut secara mandiri, namun apabila kekurangan alat atau tidak dapat memperbaiki sendiri, maka Anda dapat membawanya ke bengkel.

Label : Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More