4 Dampak Pakai BBM Dengan RON Lebih Tinggi. Nomer 3 Bikin Apes

Publikasi: 7 bulan 5 hari 44 menit yang lalu

Kandungan bahan bakar minyak atau BBM untuk kendaraan memikiki nilai oktan tertentu atau biasa dikenal dengan singkatan RON BBM.

RON adalah kepanjangan dari Research Octane Number. RON menjadi patokan kualitas BBM berdasarkan nilai atau tingkat oktan.

Angka RON menunjukkan tingkat ketukan atau banyaknya ketukan (knocking) yang dihasilkan di ruang bakar kendaraan saat pembakaran. 

Sederhananya, RON menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan di ruang bakar kendaraan.

BBM oktan tinggi (RON tinggi) memiliki kualitas yang   lebih baik disbanding dengan oltan yang lebih rendah. Meskipun begitu bensin dengan oktan lebih tinggi belum tentu mempengaruhi kinerja mesin secara signifikan. Ini karena performa mesin tidak hanya dipengaruhi bahan bakar

Meski dianggap memiliki kualitas terbaik, menggunakan BBM dengan RON tinggi tentunya akan mengakibatkan efek negatif. 

1. Pertama energi yang dihasilkan tidak optimal. Jadi satu liter BBM tidak terbakar sempurna, ada yang tersisa artinya jarak tempuh yang dihasilkan juga akan berkurang secara otomatis. Karena energi yang terbakar tidak sempurna dan tidak habis," ungkapnya.

2. Efek kedua, timbul  flek yang dikenal di bengkel  dengan istilah “ngelitik.

3. Menjadi sangat boros. Memakai Bensin RON Tinggi sepanjang seminggu pasti terasa akibatnya. Boros sekali.

4. Efek lain dari BBM dengan RON lebih tinggi akan terasa tenaga motor menjadi berkurang. Karena energi yang dihasilkan harus lebih besar dari yang terbakar, ada sisi overheat, karena terbakar lebih dari yang dibutuhkan oleh mesin. Dan mesin tidak butuh energi sebesar itu.

Untuk menghindari kendaraanmu ngadat dii jalan secara mendadak, selain memperhatikan BBM yang kamu  gunakan, jangan lupa untuk  selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan  pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Cari Aman Tips Motor Honda #hondacare Oktan BBM BBM Oktan Tinggi Hemat BBM

Berita Terkait

Ada 2 Jenis Oli Pada Motor Matic, Apa Saja?

19 Februari 2024 - administrator

Awas, Ini Dampak Jarang Ganti Oli Gardan

19 Februari 2024 - administrator