4 Hal Hindari CVT Slip

Publikasi: 1 bulan 30 hari 11 jam 55 menit yang lalu

CVT adalah kependekan dari Continuously Variable Transmission. CVT  ini biasa digunakan pada motor matic. Pada motor manual biasanya menggunakan rantai, sedangkan CVT menggunakan V-belt. Yang membedakan transmisi CVT dengan transmisi Manual pada motor adalah penggeraknya.

Para penggguna motor matic wajib tahu, salah satu penyakit motor matic adalah CVT menjadi slip  dan bisa bikin tidak nyaman, seperti kalau kita mau bejek gas terasa telat. Atau motor jadi telat merespon.

Sesungguhnya ada tiga penyebab utama CVT slip, Simak  berikut ini, apakah  ada salah satunya yang menjadi ke biasaan Anda :

Malas Service

Jika motor keluaran baru  digunakan 3 bulan  namun tidak  dilakukan servis  sama sekali, pasti   akan menimulkan CVT slip. Karena kotoran banyak menumpuk di CVT terutama area v-belt. Banyak pengguna motor tidak mengetahui kalau kotoran di v-belt ini bisa bikin spare part cepat rusak, oleh karena itu CVT wajib dilakukan rutin.

  1. Oli masuk ke area CVT.
  2. Masalah oli ini disebabkan seal kruk as yang jebol, umum ditemukan di motor-motor yang sudah berumur.
  3. Jarang ganti oli  juga bisa mempengaruhi kondisi seal kruk as dan jadi mudah jebol. Makanya ganti oli itu harus rutin sesuai anjuran.
  4. Kampas ganda yang sudah mulai habis juga bisa memngakibatkan slip CVT

Sepatu kampas ganda yang tipis itu,  bikin permukaannya tidak terlalu menempel ke mangkuk, jadi ketika gas ditarik timbul gejala slip. Biasanya pada motor yang sudah berumur 5 tahun lebih atau yang kilometernya sudah tinggi, maka mau tidak mau kampas ganda harus diganti baru

Sebelum CVT bermasalah,  segerakan berkunjung ke bengkel AHASS. Lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor  termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal.Artinya 

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.***

Service Motor Cari Aman Tips Merawat Motor Servis Motor #hondacare CVT Motor

Berita Terkait

Ada 2 Jenis Oli Pada Motor Matic, Apa Saja?

19 Februari 2024 - administrator

Awas, Ini Dampak Jarang Ganti Oli Gardan

19 Februari 2024 - administrator