Wahana Honda

4 Perawatan Berkala Sepeda Motor Kesayangan

Publikasi: 6 bulan 1 hari 18 jam 2 menit yang lalu

Selain Si Doi, sepeda motor adalah salah satu yang paling setia menemani keseharianmu. Kendaraan roda dua ini kerap diandalkan sebagai alat mobilitas karena fleksibel. Namun, di balik perannya yang penting, sudahkah kamu memberikan perhatian yang cukup kepada motormu? Mungkin tidak sedikit dari kamu yang kerap mengabaikan perawatan sepeda motor karena kesibukan sehari-hari.

Jika kamu merasa hubunganmu dengan Si Dia rumit maka melakukan perawatan berkala sepeda motor bukanlah sesuatu yang rumit. Jika kamu mampu merawat sepeda motor dengan baik, kendaraan ini akan memiliki performa yang maksimal setiap saat. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan untuk menjaga kondisi kendaraamu agar selalu prima? Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat sepeda motor kesayangan.

Melakukan Servis Secara Berkala

Anjuran utama dealer untuk merawat motor adalah melakukan servis rutin. Selain servis rutin, kamu juga perlu mengganti oli secara berkala jika jarak tempuh sudah mencapai 2.000 km. Jarak tempuh yang dilalui sepeda motor mengakibatkan oli menjadi kotor dan mengental. Oleh karena itu, penggantian oli perlu dilakukan agar agar mesin kembali mendapatkan pelumas terbaik.

Servis rutin pada bengkel resmi juga dapat memeriksa bagian-bagian penting pada motor, seperti ban, rem, hingga suspensi dan kelistrikan. Jika terjadi gangguan, kamu bisa langsung mendapatkan penanganan dini. Ingat, kinerja mesin dapat dijaga dengan melakukan perawatan sepeda motor secara berkala.

Membersihkan Sepeda Motor

Pasti banyak di antara kita yang membersihkan sepeda motor saat kondisinya sudah benar-benar kotor. Mulailah membersihkan motor secara berkala sejak saat ini. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan mengelap sepeda motor terlebih dahulu untuk membersihkan debu di bodi kendaraan. Gunakan lap kering berbahan lembut agar tidak menggores permukaan bodi motor.

Jika kondisinya mengharuskanmu untuk mencuci motor, sebaiknya gunakan sampo khusus motor. Setelah motor selesai dicuci, lap hingga kering dan usapkan silikon motor untuk finishing serta membuat kendaraanmu tampak mengilap.

Merawat Sistem Kelistrikan dan Pengapian

Pengapian pada motor menjadi hal utama karena dari situlah energi gerak motor dimulai. Pengapian sepeda motor berasal dari busi. Untuk menghindari masalah pengapian, sering-seringlah melakukan pengecekan pada busi. Bersihkan busi dan pastikan ujung medannya tetap bersih dan kering.

Untuk masalah kelistrikan, sebaiknya jaga agar aki tidak tekor setiap pagi kamu memanaskan mesin dengan starter genjot. Hal ini bertujuan agar aki tidak langsung bekerja setelah istirahat semalaman sehingga kelistrikan pada motor tetap aman. Jika motormu dibekali dengan mesin injeksi, listrik adalah hal terpenting yang harus diperhatikan. Pasalnya, teknologi injeksi yang terhubung dengan sistem komputer membutuhkan aliran listrik yang stabil.

Menggunakan Bahan Bakar Berkualitas

Bahan bakar bisa dikatakan sebagai penyuplai energi pada motor. Jika kamu memiliki motor yang terbilang jadul, pilihlah bahan bakar dengan oktan rendah karena tidak akan membuat mesin cepat panas. Lain halnya jika motor yang kamu miliki adalah model keluaran baru dan dilengkapi dengan mesin pendingin, sebaiknya gunakan bahan bakar beroktan tinggi. Kelebihan bahan bakar beroktan tinggi adalah mampu melakukan pembakaran yang lebih optimal sehingga mesin motor akan lebih lembut dan bertenaga.

Itu dia langkah-langkah perawatan secara berkala yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kondisi sepeda motor kesayangan. Nah, memahami cara merawat motor tidaklah sesulit memahami perasaan Doi, bukan? Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Label :

Comment

Your comment
Load More
Berita lainnya

Belum ada berita terkait